Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Dinas PUPR Malteng Gelar Forum OPD

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah. Dalam rangka mengsingkronisasi program kegiatan,  Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR)  Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menggelar Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Pemkab Malteng).

Kegiatan berlangsung di ruang rapat Kantor Baplitbangda Malteng, Rabu, (11/3/20), dibuka oleh Wakil Bupati Malteng Marlatu L. Leleury, SE. Yang dihadir OPD terkait, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  Inspektorat,  Baplitbangda, Satpol PP,  Dinas Sosial  dan 18 Pimpinan Kecamatan.

“Forum ini menjadi momentum yang sangat penting dan sangat diperlukan oleh seluruh jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Maluku Tengah dalam upaya menghasilkan sinergitas, akselerasi pembangunan program kegiatan Bidang infrastruktur ke PU-an Malteng agar dapat terlaksana secara terpadu, efektif dan berkelanjutan demi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.” Tegas Wakil Bupati Malteng Marlatu L. Leleury, SE, dalam sambutannya kepada peserta rapat.

Dikatakannya, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus Pemerintah tidak hanya untuk mengejar pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing, namun juga pemerataan hasiI-hasll pembangunan dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.

“Infrastruktur Pekerjaan Umum dan penataan ruang mempunyai peran strategis dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, memberi kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi, serta bagi peningkatan kualitas lingkungan hidup,” ujarnya

Selain itu pula lanjut Leleury,  tuntutan serta harapan masyarakat kepada pemerintah daerah yang semakin sering disuarakan, maka berbagai isu strategis dan permasalahan yang muncul tersebut menuntut pemerintah daerah harus secara bijak dan cepat menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Olehnya itu, pembangunan dan pengembangan sektor infrastuktur dan ke PU-an menjadi salah satu sektor penting dalam rencana strategis pembangunan daerah Malteng yang dijabarkan melalui berbagai kebijakan dan program-program terobosan pembangunan dan pengembangan sektor infrastuktur dan ke PU-an diantaranya Malteng Hijau dan Bebas Sampah (MATA ASA)‚ Perlindungan Terpadu Masyarakat Miskin (PEDULI), Transportasi Daerah Terpadu (SIDADU), Desa dan Kawasan Unggulan (DEKAN) dan Olahraga Berprestasi (0BOR), yang diarahkan untuk secepatnya dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat di daerah ini,” tandasnya.

Untuk menjawab berbagai hal tersebut, maka

forum ini nantinya dapat membahas berbagai isu strategis bidang Infrastruktur dan ke PU-an di Malteng.Baik bidang sumber daya air, bidang ciptakarya, bidang binamarga bidang penataan ruang dan pengembangan jasa konstruksi dalam menyusun dan menetapkan program kerja, serta harus senantiasa mengacu pada target-target nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Dan perlunya sinkronisasi berbagai konsep pembangunan dengan RPJMD Malteng serta Renstra masing-masing OPD yang telah dibuat dengan memanfaatkan alokasi pendanaan yang tidak hanya bersumber dari APBD Kabupaten tetapi juga dari sumber pendanaan Iainnya sepeti DAK maupun APBD Provinsi,” ingatnya. (YSL)

 145 total views

Facebook Comments