Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Genjot Percepatan Pembangunan Bandara Pohuwato, Wabup Amin Datangi Kementrian LHK

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Percepatan pembangunan Bandara Pohuwato terus digenjot oleh Pemerintah Pohuwato. Wakil bupati Pohuwato Amin Haras, didampingi kepala Dinas Perhubungan Pohuwato, mendatangi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melakukan pertemuan dengan staf ahli Mentri KLHK, Winarni Monoarfa, bersama direktur Pada KLHK, Herban, Kamis (6/2).

Pertemuan tersebut membahas tindak lanjut dari Keputusan Menteri LHK tentang perubahan fungsi pada kawasan yang akan dibangun Bandara Pohuwato, karena lokasinya yang masuk dalam kawan hutan lindung.

” Karena itu (kawasan) hutan lindung maka bandara itu bisa berlanjut bila proses perubahan fungsi dari pada kawasan itu selesai,” Kata wabup Amin.

Dia mengatakan, dengan keluarnya SK Mentri LHK, maka proses selanjutnya adalah pelepasan kawasan tersebut. Olehnya kata Amin, pelepasan ini harus melalui proses pengkajian tim terpadu yang sudah terbentuk.

” Nantinya tim terpadu yang sudah terbentuk akan segera melaksanakan tugas untuk turun lapangan dan membuat rekomendasi untuk pelepasan kawasan dan nantinya hasil itu akan keluar dalam bentuk keputusan Menteri LHK,” Tuturnya.

Lebih lanjut wabup Amin meminta Tim Terpadu untuk melakukan pengkajian kurang lebih dua minggu kedepan.

” Kami sudah minta waktu dua minggu, dan itu sudah disepakati oleh tim ini, sehingga setelah dua minggu selesai mereka akan segera mengajukan, merumuskan draf untuk keluarnya Keputusan Menteri LHK tentang pelepasan hak, karena dengan keluarnya pelepasan hak maka itu akan menjadi dasar untuk kelanjutan dari penyelesaian bandara oleh pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan. Dan itu akan menjadi dasar dari Kemenhub untuk menganggarkannya pada 2021 sampai 2022, artinya pekerjaannya dimulai pada 2021 sampai 2022 nanti,” Ungkapnya.

” Alhamdulillah bandara pohuwato sudah masuk pada program strategis nasional Pak Jokowi, jadi dari 22 bandara yang masuk pada program strategis nasional termasuk bandara pohuwato sudah masuk, sehingga hal ini memberi peluang besar untuk penyelesaian bandara pohuwato yang ditargetkan 2022 selesai,” Pungkasnya. (FN07) 

 172 total views

Facebook Comments