Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

Walikota Gorontalo Beri Masukan di Ranperda RTRW 2023-2043 Provinsi Gorontalo

×

Walikota Gorontalo Beri Masukan di Ranperda RTRW 2023-2043 Provinsi Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com – Kota Gorontalo, Kota Gorontalo merupakan tolak ukur kemajuan dari Provinsi Gorontalo. Sebagai kepala daerah yang saat ini memimpin Kota Gorontalo, Marten Taha telah menggariskan pemikiran konsep kedepan dari Kota Gorontalo yang akan tertuang dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2023-2043 Provinsi Gorontalo.

Pada rapat koordinasi lintas sektor tersebut, di hadapan pimpinan kementrian, lembaga pusat juga pemerintah provinsi/ kabupaten se-provinsi gorontalo Marten memaparkan berbagai masukan konsep lintas sektor yang ada di Kota Gorontalo dan dianggap perlu di dalam ranperda, di Fairmont Hotel Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Example 300x300

Marten mengemukakan, saat ini, di sektor pertanian zona tanaman pangan seluas 253,21 Ha yang tersebar di kecamatan Kota Timur, Kota Utara, dan Sipatana yang belum di dukung dengan peraturan yang lebih rinci

Ada juga beberapa rencana pembangunan sarana infrastruktur level provinsi juga berada di Kota Gorontalo. Mulai dari pembangunan Islamic Center Provinsi Gorontalo yang sudah termuat dalam Perwako RDTR seluas 13,8 Ha, sementara untuk GORR segmen 3 sepanjang 2,97 km titiknya berakhir di Kecamatan Dumbo Raya.

Belum lagi, tutur Marten, dengan luasan 14,92 Ha untuk zona transportasi yang terdiri dari terminal tipe A, terminal tipe c, pelabuhan penumpang, terminal peti kemas, depo BBM dan pelabuhan perikanan.

“Dan ini perlu ditopang dengan adanya kawasan pergudangan skala level provinsi untuk mendukung kegiatan perdagangan dan jasa di Kota Gorontalo” tegas Marten.

Dengan luas sebesar 79,59 Km2 kota gorontalo memiliki zona perdagangan dan jasa seluas 845,98 Ha. Untuk zona perkantoran seluas 100,05 Ha yang semuanya tersebar di wilayah Kota Gorontalo.

Walikota yang turut didampingi kepala bapppeda kota dan tenaga fungsional tata ruang dinas PUPR Kota Gorontalo juga menyebutkan Perwako RDTR masih fleksibilitas dalam mengakomodir investasi pada kegiatan berusaha dan non berusaha.

Dari segi rawan bencana, Marten Menegeskan bahwa di kota gorontalo ada rawan bencana sempadan patahan aktif, atau yang lebih di kenal dengan Sesar Gorontalo.

“Alhamdulillah kawasan rawan bencana sudah terakomodir dalam RTRW Kota Gorontalo” terang Marten. (Adv)

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot