Struktur Kelurahan di Pohuwato Ternyata Belum Jelas

Faktanews.com, Pohuwato – Struktur kelurahan yang berada di Kabupaten Pohuwato terungkap ternyata belum jelas. Hal ini sebagaimana mana yang di ungkapkan oleh Anggota Legislatif Komisi I, DPRD Pohuwato, Otan Mamu.

“Yang kekurangan di kita itu kan struktur yang dibawahnya itu yang belum jelas. Sehingga teman-teman di kelurahan merasa dalam hal perhatian, dalam hal itu, mereka termarjinalkan, sehingga mereka ingin melakukan pemenuhan struktur itu kadang terkendala dengan payung hukumnya,” kata Otan kepada wartawan, Rabu (2/6/2021).

“Memang payung hukum itu ada di Permendagri, tapi kan itu ada turunannya, Perbub ataupun Perda,” tuturnya.

Akan tetapi katanya, seharusnya aturan tersebut di Perbub kan. Sebab, aturan itu berasal dari Permendagri. Hanya saja, pihaknya sudah pernah konsultasikan aturan tersebut di Kementerian dan tidak apa jika dijadikan juga sebagai Perda.

“Makanya kita DPRD langsung ambil Perda. Karena perbub selama ini juga mereka mungkin anggap tidak pernah tindak lanjut keluhan mereka, sehingga kita DPRD tangkap, kita buat Perda, nah Perda ini sementara sudah jalan, dan tinggal tunggu ada beberapa tahapan atau proses yang ingin kita perbaiki atau hal-hal yang ingin kita tuangkan dalam Perda itu,” jelasnya.

Otan menyebutkan, saat ini Kelurahan yang ada di Kabupaten Pohuwato masih seperti Desa. Sebab kata dia, struktur yang ada di kelurahan saat ini di kelurahan itu masih seperti struktur yang ada di Desa.

“Sekarang ini kan kelurahan seperti Desa ya. Tapi baru dalam segi lingkungan ya, ada itu namanya lingkungan 1, lingkungan 2. Tapi kepala lingkungannya di panggil podukuhan, ini kan masih seperti kayak struktur Desa,” ujarnya.

Seharusnya menurut Otan, dalam kelurahan itu ada struktur lagi yang namanya RT, RW bahkan sampai unsur adatnya seperti tempat yang pernah ia kunjungi.

“Harusnya ada RT, RW, baru ada LPM-nya dan lain sebagainya, dan nanti macam ini kayak ada unsur adatnya bahkan seperti di tempat-tempat lain yang kita datangi. Nah ini yang akan kita buat di Pohuwato ini,” bebernya. 

Penulis: Surdin

Leave A Reply