Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Bupati Syarif Tinjau Lokasi Banjir di Kawasan Gorr Marisa

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga bersama Dinas PUPR meninjau lokasi banjir di kawasan Gorr Kecamatan Marisa, Senin (21/9/20). Diketahui, dengan adanya curah hujan yang terus mengguyur wilayah tersebut menyebabkan banjir di beberapa wilayah hingga merendam puluhan rumah warga.

Bupati Syarif Mbuinga mengatakan banjir tersebut disebabkan curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Pohuwato dalam sepekan terakhir ini, hingga membuat beberapa wilayah kecamatan meluap dan merendam rumah warga dan badan jalan dan bahu Gor.

“Ini adalah tanggungjawab kami, ini bencana banjir yang disebabkan curah hujan yang cukup tinggi hingga meluap ke rumah warga, badan jalan dan bahu Gor, kita akan mengambil langkah untuk mengatasi masalah ini dengan menurunkan alat,” Ungkap Bupati Syarif

Ditambahkan, Bupati Syarif akan mengarahkan alat berat atau ekskavator untuk normalisasi untuk pembuatan drainase serta membersihkan saluran yang tersumbat yang menjadi pemicu banjir saat hujan.

“Kita langsung ambil tindakan untuk normalisasi semua saluran yang tersumbat, sehingga air dapat mengalir satu jalur, agar bila hujan tidak terjadi banjir lagi,” kata Bupati.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PURP lewat kepala Bidang Binamarga Dinas PUPR, Risdiyanto Mokodompit. Mengatakan sebagaimana rapat terbatas yang digelar rumah dinas Bupati, bahwa ada beberapa titik yang harus ada penanganan banjir secara menyeluruh.

Bupati meminta bagaiaman air tersebut bisa mengalir ke saluran pembuangan atau ke kali agar tidak membuat banjir lagi, saat ini alat tersebut sudah mulai bekerja untuk pembuatan menanggulangi saluran yang tersumbat.

“Dengan harapan, genangan yang ada di desa Marisa selatan, Teratai, Botu bilotahu dan marisa utara yang arah airnya saat ini tergenang dengan sendirinya akan surut sesuai tinjauan kami PUPR air tersebut sudah mulai lancar” Ungkap Risdiyanto

Ditambahkan, Penanganan ini tak akan berhenti disini akan tetapi akan ada penanganan secara permanen sesuai intruksi Bupati Syarif Mbuinga, penanganan tersebit akan menyeluruh bagi kecamatan yang mengalami Banjir.

Pembuatan drainase tersebut akan dilakukan disamping Kolam Renang kabupaten pohuwato, disamping pembuatan drainase pihak PUPR akang melakukan pengukuran relepasi agar air tersebut bisa lancar kearah outlet atau sungai yang menjadi sasaran pembuangan.

“Untuk kecamatan Buntulia, Duhiadaa, dan patilanggio secara bertahap akan kami tangani untuk pengalian drainase, pasalnya setelah kondisi wilayah marisa akan tertangani maka kami akan berpindah kearah Buntulia, Duhiadaa dan Patilanggio sebagai perintah Bupati dan hal ini pun akan ditangani selama 5 hari berjalan” pungkas Risdiyanto. (FN07)

 161 total views

Facebook Comments