Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

BAPPLITBANGDA Malteng Gelar Forum OPD

Masohi.

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Dalam rangka menyatukan presepsi perencanaan kegiatan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah,  sebelum pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Muerembang). Melalui Badan Perencanaan Pembangunana, Penilitian Dan Pengembangan Daerah (BAPPLITBANGDA) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), melaksanakan kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegiatan dipusatkan di Gedung Mae Oku Senin, ( 26/3), di ikuti seluruh pempinan dan staf dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD)  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Pemkab Malteng).

Kepala BAPPLITBANGDA Malteng Dr.  Rakib Sahubawa,  mengatakan bahwa, kegiatan Forum OPD adalah awal sebelum dilaksanakannya Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Matuku Tengah Tahun 2019. “Jadi ini kegiatan mengawali kegiatan Musrembang,  dan merupakan Forum Musyawarah antara pemangku kepentingan dan pervvakilan masyarakat untuk membahas dan menyepakati usulan Musrenbang Kecamatan yang terakomodir dalam RENJA OPD tahun 2019.” Demikian disampaikan Kepala BAPPLITBANGDA Maltenf Dr.  Rakib Sahubawa kepada pers disela-sela kegiatan.

Dikatakannya,  dalam proses penyusunannya, Rencana Kerja (RENJA) OPD telah menjabarkan visi dan misi dalam RPJMD lewat tujuan, sasaran, strategis dan arah kebijakan. “Semua ini dibutuhkan guna mendukung pencapaian sasaran visi dan misi RPJMD dan prioritas pembangunan Maluku Tengah (Malteng)  tahun 2019,”tegasnya.

Selaian itu tujuan dari kegiatan Forum OPD dan Musrenbang RKPD adalah. Menjadi Arahan untuk peningkatan kinerja pemerintah dibidang pelayanan dan pemberdayaan masyarakat serta pemerintah daerah. Dan menjadi pedoman dalam penyempurnaan dokumen RENJA OPD. Serta menjadi dasar penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

“Ini dengan tujuan untuk menciptakan keselarasan dalam pelaksanaan pembangunan daerah antar wilayah, antar sector pembangunan dan antar tingkat pemerintahan serta menciptakan eftsiensi sumberdaya dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Sementara itu lanjut Sahubawa,  prioritas pembangunannya,  masing-masing.  1. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan keluarga sejahtera . 2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. 3. Pembangunan infrastruktur dan prasarana kewilayahan. 4. Pengembangan dunia usaha dan pariwisata. 5. Meningkatkan keamanan, ketertiban dan penguatan nllai-nilai senl, budaya orang basudara  dan Pemberdayaan perempuan, pemuda dan olahraga.

Pewarta : Ruslan Idris 

 1,664 total views

Facebook Comments