Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Mirati Tuasikal Serap Aspirasi Masyarakat Malteng

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah. Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonewia (DPD RI) Ny. Mirati Dewa Ningsi, ST dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI). Abdullah Tuasikal, ST. Msi, berkesempatan menyerap aspirasi masyarakat Kelurahan Letwaru Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), khususnya masyarakat yang ada di RT 04 dan 05.

Bertempat di Rumah Kopi Aspirasi Kamis, (5/3/20), pukul 21.00 Wit,  anggota DPD dan DPR-RI asal Malteng,  mengajak masyarakat menyuarakan aspirasi sambil santai menikmati kopi.

“Ini pertemuan biasa,  tidak usa formal,  kita bicara santai dan terbuka apa yang menjadi keinginan bapak  dan ibu silahkan sampaikan. Sesuai tugas dan fungsi saya di DPD pada komite IV membidangi Ekonomi kreatif dan pendidikan,  dan Pa Dula di komisi IV dengan bidang tugasnya meliputi pertanian,  peternakan,  perkebunan, kehutanan dan perikanan. Dan untuk melaksanakan tugas tersebut, salah satunya menyerap aspirasi masyarakat,  sehingga masukan aspirasi Bapak dan Ibu menjadi penting untuk nantinya  kita sampaikan dan perjuangkan di tingkat pusat. ” tegas Anggota DPD RI,  Mirati Dewaningsih.

Kebetulan Pa Dula dipercayakan partainya duduk di Badan Anggaran (Banggar) maka kiranya dapat kita manfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan dan kepentingan daerah baik untuk Provinsi dan Kabupaten khususnya Malteng.

“Menjadi konsen dan perjuangan saya di Komisi IV adalah terus perjuangkan Provinsi Maluku sebagai lombung ikan nasional,  dan potensi perikan yang besar ini dapat dinikmati oleh masyarakat nelayan. Tidak hanya itu, konsen akan lingkungan hidup menjadi perhatian,  sehingga jika ada lembaga atau kelompok peduli lingkungan di Malteng yang mau berbuat untuk kepentingan lingkungan khususnya penanganan sampah,  kita akan bantu perjuangkan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, ” ajak Anggota DPR RI Abdullah Tuasikal.

Terkait dengan penangan sampah kata Abdullah,  jika ada masyarakat atau kelompok peduli lingkungan yang mau membuka Bank Sampah.  Maka penangan sampah di Malteng dapat teratasi dan lingkungan disetiap kelurahan tetap bersih,  tidak ada yang bau dan jorok. “Sebab jika ada Bank sampah,  berdampak postif bagi ekonomi warga masyarakat dan kelompok yang mengelola. Dimana sampah yang ada dapat dikelola jadi  kompos dan bahan daur ulang lainnya, selain itu Bank Sampah dapat memperkecil pencemaran lingkungan, ” ujarnya.

Menindaklanjuti harapan anggota DPD dan DPR-RI,  ketua RT 04 Kelurahan Letwaru yang juga peduli lingkungan Ali Tuahan. Mengharapkan kepada Anggota DPD RI dan khususnya Pa Dula selaku Anggota DPR RI yang ada di komisi IV dan di Badan Anggaran, untuk dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat yakni bantuan mesin daur ulang sampah dan mesin kompos.

“Kami di Kelurahan Letwaru khususnya di RT 04, sudah beberapa tahun ini mengelola sampah menjadi kompos, hanya dengan jumlah kecil. Kendalanya di mesin baik mesin kompos dan olahan sampah lainnya,  termasuk lahan. Sebab untuk mengelola sampah menjadi kompos, butu lahan yang luas dan tertutup, jika tidak maka pembuatan kompos tidak akan berhasil.  Untuk itu ada perhatian sehingga kegiatan peduli lingkungan di Kelurahan Letwaru dapat berjalan baik dan kedepan Bank Sampah bisa dibuka sehingga sampah rumahan tidak lagi dibuang sembarangan tetapi dapat dijual ke Bank Sampah,” harapnya.

Untuk diketahui,  sebelum bertatap muka dengan masyarakat Letwaru Kecamatan Kota Masohi,  Angggota DPD dan DPR RI,  sudah melakukan tatap muka meyerap aspirasi masyarakat yang ada di Kairatu Kabupaten SBB dan masyarakat yang ada di Kota Ambon. Dalam masa reses ini,  Ibu Mira dan Pa Dula akan mengunjungi masyarakat di beberapa desa di Malteng dan di kabupaten lain yang ada di Maluku.(YSL)

 355 total views

Facebook Comments