Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

KPU Kabupaten Pohuwato telah Menerima Dana Pencairan Tahap I

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Untuk memuluskan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Pemerintah Daerah Pohuwato telah melakukan pencairan dana tahap 1 ke KPU.

Dimana, anggaran yang telah di cairkan oleh pemerintah daerah saat ini telah digunakan oleh KPU.

“Kami KPU hanya dapat mengestimasi anggaran tersebut hanya sampai pada bulan agustus. Karena anggaran tersebut yang paling membutuhkan adalah petugas PPS dan PPK untuk pembayaran operasional dan Gaji,” kata Ketua KPU, Rinto W. Ali, saat diwawancarai, Senin (6/7).

Dengan total anggaran 18,5 Miliyar, KPU mengestimasi dan hasil rasionalisasi yang telah dilakukan, KPU nantinya akan memaksimalkan anggaran tersebut. Rinto mengatakan bahwa memang ada pengajuan anggaran tambahan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) serta Repid Test, dan itu tidak bisa dicakupkan pada APBD.

“Saat ini kami sudah dorong KPU RI untuk di akomodir dan KPU RI sudah merespon hal itu serta mengalokasikan anggaran tersebut,” Ungkap Rinto

Kemudian untuk pengadaan perlengkapan PPS dan PPK, lanjut Rinto, sudah di anggarkan oleh KPU RI pada saat tahapan ferivikasi Faktual dan pencocokan penelitian nanti, jika ini di bebankan ke APBD pemerintah daerah tidak sanggup.

“Kami KPU pemerintah Daerah sudah sepakat untuk di dorong ke pusat yakni Pemda ke Kemendagri kami ke KPU RI,” jelasnya.

“Memang konsekuensi dari pelaksanaan tahapan di tengah pandemi covid-19 ada beberapa kebijakan yang coba dirumuskan oleh KPU RI, yakni pembatasan jumlah pemilih di masing masing TPS sehingga ini akan berdampak pada penambahan TPS, dari estimasi awal ada 240 TPS yang berdasarkan DP4 itu ke tambahan 58 TPS,” sambung Rinto.

Rinto W. Ali berharap di awal Agustus anggaran tahap dua sudah dapat di cairkan ke KPU sesuai yang direncanakan Permendagri dan bisa tepat waktu.

“Semog ini tidak lagi di geser ke bulan September dan ini akan menjadi kendala bagi kami. Sesuai ketentuan Permendagri 5 Bulan sebelum hari H pemungutan suara,” Tutup Rinto (FN07)

 114 total views

Facebook Comments