Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Kejari Pohuwato Diminta Usut Dugaan Penggelapan Dana Pilkada Pohuwato

Yusuf Mbuinga : Pilkada Yang Berkualitas Juga itu Harus di awali dari Penyelenggara Yang Bersih.

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato. Terkait dengan adanya dugaan penggelapan anggaran Pilkada di KPU Bumi Panua mendapatkan respon dari Mantan Ketua KPU 2 Periode 2005-2010

Kepada sejumlah Wartawan, Yusuf Mbuinga mengatakan bahwa sebuah pencapaian terbesar KPU itu berdasarkan kualitas perhelatan Pesta Demokrasi yang dilaksanakan, sehingganya integritas akan berjalan mulus kedepan.

“Pilkada yang berkualitas juga itu harus di awali dari penyelenggara yang bersih. Bagaimana bisa melaksanakan pilkada yang jujur, adil sementara di dalam pengelolah keuangan saja mereka ada penyimpangan, jadi integritasnya itu di mana?” jelas Mantan Ketua KPU dua periode itu, Jum’at 10/07/2020.

Yusuf pun meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat membuka diri kepada publik secara keseluruhan.

“Jadi KPU jangan menutup diri terhadap penyalahgunaan keuangannya. Pemilu atau pemilukada yang luber dan jujur juga harus di tentukan integritas penyelenggaranya, dan kualitas penyelenggranya. Tidak bisa penyelenggaranya korupusi. Olehnya saya mendorong pemilukada ini dilaksanakan secara damai, bermartabat dan sukses. Pemilukada itu bukan sukses tahapan, tapi sukses juga mendapatkan hasil pemilukada dari pemimpin yang berkualitas” ujar pengacara Pemda Pohuwato tersebut sembari menambahkan

Bahwa Yusuf pun meminta pihak Kejaksaan Negeri Pohuwato agar dapat mengusut tuntas persoalan dugaan penggelapan yang ada ditubuh KPU Pohuwato, sebab Pilkada ditentukan seberapa berintegritas penyelenggaranya.

“Olehnya saya mendorong pemilukada ini dilaksanakan secara damai, bermartabat dan sukses. Pemilukada itu bukan sukses tahapan, tapi sukses juga mendapatkan hasil pemilukada dari pemimpin yang berkualitas. Ini harus di proses lanjut, korupsi itu tidak selamanya nanti menggunakan uang baru di bilang korupsi, kebijakan menyimpang, administrasi yang salah dan menyebabkan kerugian negara itu juga korupsi, Jadi saya meminta kepada kejaksaan negeri marisa segera membentuk tim melakukan penyelidikan terhadap dugaan penyalahgunaan keuangan oleh KPU, kalau terbukti, saya meminta 5 orang KPU sekarang juga di berhentikan melalui dewan kehormatan sekaligus sekretarisnya” pungkas Yusuf. (FN01) 

 406 total views

Facebook Comments