Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Era New Normal Baru, Indonesia Naik Status Menjadi Negara Berpendapatan Menengah Keatas

Faktanews.com (Nasional) – Jakarta, Memasuki era New Normal Baru, Bank Dunia menaikan status Indonesia menjadi Negara Berpendapatan Menengah ke atas (Upper Middle Income) per 1 Juli 2020 kemarin.

Dilansir dari Kompas.com, Luhut Binsar Pandjaitan Mentri Koordinator Kemaritiman dan Investasi mengaku kaget dengan status yang disandangkan ke Indonesia di masa Pandemi Covid-19 ini.

” Saya ingin juga menyampaikan berita yang baik juga buat kita bahwa Indonesia ini diumumkan oleh Word Bank telah naik level dari Lower Middle Income Contry, menjadi Upper Middle Income Contry,” Ungkapnya dalam launching kampanye virtual Bangga Buatan Indonesia, Rabu (1/7/2020).

” Saya juga cukup kaget melihat ini, karena diumumkan pada saat keadaan seperti saat ini,” Kata Luhut.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Indonesia butuh waktu 23 tahun untuk bisa masuk dalam kategori negara berpendapatan menengah ke atas dari kategori negara berpendapatan menengah ke bawah.

Bendahara Negara itu pun membandingkan waktu yang dibutuhkan Indonesia dengan negara setara lainnya untuk bisa mencapai status tersebut.

Brasil misalnya, untuk bisa mencapai status sebagai negara berpendapatan menengah ke atas membutuhkan waktu 25 tahun. Sementara Malaysia membutuhkan waktu 22 tahun untuk mencapai status tersebut.

Adapun Meksiko membutuhkan waktu 28 tahun untuk beralih status dari negara berpendapatan menengah ke bawah menjadi menengah ke atas. (***)

 268 total views

Facebook Comments