Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

BPDAS-HL Rencanakan Penanaman 5,2 Juta Mangrove Di Provinsi Gorontalo

×

BPDAS-HL Rencanakan Penanaman 5,2 Juta Mangrove Di Provinsi Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com (Daerah) – Provinsi Gorontalo, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan melakukan penanaman 5,2 juta Mangrove di Wilayah Provinsi Gorontalo. Pasalnya, kerusakaan Magrove di wilayah Gorontalo kurang lebih 3000 hektar luasnya yang terbagi di beberapa wilayah.

Kepala BPDAS-HL Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, M Tahir mengatakan penanaman Mangrove tersebut merupakan upaya pemulihan kerusakan Mangrove yang terjadi di kawasan pesisir pantai provinsi Gorontalo.

Example 300x300

” Hasil rapat yang kita laksanakan tadi, provinsi Gorontalo awalnya mendapatkan 1200 hektar untuk penanaman Mangrove, tapi hasil rapat kita menetapkan Gorontalo mendapat 1500 hektar, ada pun tujuanya untuk padat karya,” Ungkapnya usai melakukan rapat bersama KPH dan LSM lingkungan di Aula DAS Kantor BPDAS -HL, Kamis, (13/8/2020).

Kepala BPDAS-HL Bone Bolango, M. Tahir

Dia menyampaikan bahwa penanaman Mangrove ini sangat penting dilakukan, karena Mangrove memiliki fungsi untuk menjamin keberlangsungan kehidupan makhluk hidup yang ada di kawasan pesisir, termasuk kehidupan manusia. Ekosistem memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung,

Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa, kegiatan padat karya Mangrove itu akan dilakukan secepatnya, hal ini kata dia tidak hanya upaya pemulihan kerusakan mangrove, melainkan juga sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat dimasa Pandemi Covid-19.

” Kita tahu saat ini daya beli masyarakat kita sedang jatuh, harapan dengan adanya program padat karya Magrove ini, bisa melaksanakan daya belinya masyarkat naik lagi dengan adanya magrove,” Tuturnya.

Sementara itu kata M.Tahir, pihaknya juga akan membagikan bibit ikan Bandeng kepada masyarkat yang mempunyai usaha tambak ikan di sekitar wilayah hutan Mangrove seperti yang ada di Pohuwato dengan sistem Silvoperseri.

Terakhir dia mengatakan, penanaman 5,2 Juta Mangrove akan melibatkan seluruh stakeholder yang ada baik Pemerintah, Polri, TNI, LSM, maupun masyarakat, dan direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus ini.  (Fn12) 

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot