Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
HeadlineKesehatanNasional

Gunung Ruang Meletus, Dinkes Boalemo Ingatkan Gangguan Kesehatan Akibat Abu Vulkanik

×

Gunung Ruang Meletus, Dinkes Boalemo Ingatkan Gangguan Kesehatan Akibat Abu Vulkanik

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com, Boalemo – Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo ingatkan masyarakat Boalemo soal dampak abu vulkanik Gunung akibat letusan Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro pada Selasa, siang (30/4/2024).

Akibat letusan Gunung Ruang yang berada di Sulawesi Utara itu, tidak hanya berdampak pada wilayah sekitarnya, namun juga hingga Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Sutriyani Lumula, mengungkapkan abu vulkanik mengandung logam berat yang berbahaya bagi kesehatan.

” Abu vulkanik ini berbahaya terutama pada sistem pernapasan. Apalagi bagi yang memiliki masalah pernapasan, seperti asma, sakit paru-paru, atau bronchitis,” Jelasnya.

Selain itu juga kata Sutriyani, abu Vulkanik berbahaya pula bila terkena mata karena akan menyebabkan gatal dan iritasi.

” Olehnya kami menghimbau masyarakat Boalemo untuk pakai masker saat berjalan diluar rumah. Apalagi anak-anak diwajibkan pakai masker. Karena kita tidak tau sampai kapan aktivitas letusan Gunung ini,” Tukasnya.

Example 300x300
Example 120x600
rtp slot