Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Ekonomi & Bisnis

Gagas “Exclusive Sharing”, Rakhmatiyah Deu Satukan Identitas Budaya, Pariwisata dan UMKM Bone Bolango

×

Gagas “Exclusive Sharing”, Rakhmatiyah Deu Satukan Identitas Budaya, Pariwisata dan UMKM Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.comEkonomi. Banyak diberbagai Daerah yang ada di Indonesia minim akan transparansi dalam pengembangan ekonomi melalui sektor pariwisata, hal ini tentu merupakan isu yang seringkali menghambat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat lokal hingga terjadi  ketidaksetaraan distribusi manfaat ekonomi dan ketidakpastian dalam perencanaan pembangunan.

Dalam era globalisasi ini, pengembangan budaya dan pariwisata daerah telah menjadi fokus utama bagi banyak komunitas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. 

Example 300x300

Mendapati berbagai polemik akan persoalan yang ada di Kabupaten Bone Bolango, Rakhmatiyah Deu bersama Timnya menggelar agenda diskusi yang dikemas menjadi “Exclusive Sharing” Gerakan Perubahan Ekonomi Masyarakat melalui Kebudayaan dan Pariwisata di Wisata Danau Perintis pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Dengan konsep Gerakan perubahan ekonomi masyarakat  melalui budaya dan pariwisata, Rakhmatiyah Deu memberikan strategi yang sangat relevan dan efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan siap membantu masyarakat Bone Bolango secara menyeluruh.

” Sebagai masyarakat, saya pun punya peran untuk bagaimana memutuskan mata rantai kebodohan dan kemiskinan. dan kami melihat dibidang Kebudayaan dan Pariwisata ini punya potensi besar karena kita di Bone Bolango banyak sekali spot pariwisata yang tidak terkelola dengan baik.” Ungkap Tia

Tia pun menambahkan bahwa saat berjalannya diskusi, dirinya mendapatkan peluang bagi pengembangan UMKM yang tentu dapat mengubah wajah destinasi pariwisata yang menarik bagi semua kalangan.

” Sehingga saya mengundang beberapa narasumber yang sangat berkompetensi dibidangnya untuk memberikan penjelasan dan alhamdulillah dalam diskusi tadi, saya menangkap ada beberapa peluang yang bisa kita tangkap, baik dari sektor kebudayaan dan pariwisata yang bisa diakses oleh semua pelaku UMKM bagi yang tau caranya.” Jelas Tia

Lanjut Tia, dengan memanfaatkan kekayaan budaya lokal dan banyaknya spot pariwisata di Bone Bolango. promosi yang intensif dan investasi dalam infrastruktur pariwisata pasti dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi para pelaku UMKM. 

” Nah saya hadir disini untuk memberikan kemudahan bagi mereka para pelaku UMKM. Karena sebenarnya kegiatan mereka bisa dibiayai dengan program-program pemerintah, hanya saja untuk mengaksesnya mereka tidak tahu caranya, baik pembuatan proposal, trus harus menemui siapa dan alurnya seperti apa. dan saya akan mengawal mereka kearah situ, karena saya dan tim saya sudah siap dan sudah berpengalaman dibidang itu.” Kata Tia seraya menambahkan

Bahwa dirinya berharap agar ada kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya lokal juga semakin meningkat di kalangan masyarakat. Program-program pendidikan dan pelatihan yang dipersembahkan oleh pemerintah setempat membantu menjaga keberlangsungan tradisi dan kesenian daerah. Hal ini tidak hanya memperkaya pengalaman wisatawan, tetapi juga memperkuat identitas budaya masyarakat setempat.

” Dengan adanya gerakan perubahan ekonomi melalui budaya dan pariwisata daerah, saya berharap agar Kabupaten Bone Bolango bisa menjadi contoh sukses bagi banyak komunitas lainnya. Melalui kolaborasi antara pemerintah, masyarakat lokal, dan pelaku industri pariwisata, potensi ekonomi dan budaya sebuah daerah dapat dioptimalkan secara berkelanjutan, membawa manfaat yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat.” Tutup Tia

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot