Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Bela Idris Kadji Dihadapan Bawaslu, Ketua DPRD Pertanyakan Kapasitas Bawaslu Saat Reses

×

Bela Idris Kadji Dihadapan Bawaslu, Ketua DPRD Pertanyakan Kapasitas Bawaslu Saat Reses

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.comKabupaten Pohuwato. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pohuwato Nasir Giasi di periksa oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Atas adanya dugaan pelanggaran pemilu di masa reses yang dilakukan oleh oknum anggota DPRD Idris Kadji.

“Pertanyaannya Kenapa reses di awasi oleh Bawaslu? Kan yang harus di awasi oleh teman-teman Bawaslu itu adalah tahapan kampanye, sekali lagi beliau melaksanakan reses karena beliau sebagai wakil ketua DPRD, dan beliau tidak menyampaikan ini adalah kampanye atau sebagainya, dan yang beliau lakukan di sekretariat itu ialah reses dan reses di sekretariat partai itu bisa dilakukan,”tegas Nasir usai dilakukan pemeriksaan, Selasa (02/01/2023).

Example 300x300

Saat di wawancarai oleh awak media, ketua DPRD Nasir Giasi mengatakan bahwa Kegiatan Reses merupakan kegiatan yang di atur oleh undang-undang 23 tentang pemerintahan Daerah dan peraturan tata tertib DPRD nomor 1 tahun 2019, dimana pelaksanaan reses dilaksanakan 3 kali setahun setiap masa sidang, dan itu dilaksanakan dimana pun tidak ada masalah.

“Dilaksanakan di Sekretariat partai pun tidak dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang mengatur masalah reses karena reses tersebut hakikatnya bertemu dengan konstituen, termasuk melaksanakan pertemuan di sekretariat,”ungkap Nasir kepada awak media.

Menurut Nasir Lembaga DPRD bertugas sebagaimana amanat negara sampai dengan bulan Agustus tahun 2024, dan Masi melekat sebagai anggota DPRD Pohuwato.

“Pertama hal yang saya sampaikan, bahwa pelaksanaan tahapan pemilu insyaallah tidak akan mengganggu pelayanan DPRD terhadap masyarakat konstituen yang diwakilinya,”ujar Nasir.

Sementara itu, selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Munawar menyampaikan, bahwa tahapan dari proses pemanggilan dari dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh oknum anggota DPRD Kabupaten Pohuwato, itu masuk pada tahapan klarifikasi sehingga mengundang ketua DPRD.

“Yang di agendakan itu ada dua, pemeriksaan sekwan dan ketua DPRD dan tadi pagi ibu sekwan sudah dimintai klarifikasi, ketua DPRD juga sudah, dan setelah ini juga kami akan mengundang panwascam sebagai pelapor,”tuturnya.

Munawar menerangkan, bahwa selama dua hari Bawaslu dan Gakkumdu fokus pada tahapan klarifikasi kepada pihak yang terlapor.

“Jadi besok sore yang bersangkutan bapak Idris Kadji akan kami undang, termasuk ibu lince juga kita undang dan juga dinas Pangan akan kita undang, karena semakin banyak keterangan yang kita dapatkan akan memperjelas status apakah masuk dalam pidana atau tidak.“pungkasnya.

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot