Faktanews.com, Masohi-Pejabat Bupati (Pj), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Rakib Sahubawa, selaku Ketua Pembina Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Maluku Tengah mengukuhkan Penjabat (Pj), Ketua Tim Penggerak PKK Maluku Tengah Ny, Asnawiyah Sahubawa, yang sebelumnya telah dilantik oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Ibu Widya Pratiwi Murad pada tanggal 12 September 2023.

Kegiatan pengukuhan berlangsung di Baileo Ir Soekarno Pandopo Bupati Malteng, Jumat, (8/12/23). Hadir dalam kegiatan, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan dan Anggota DPRD Malteng, Asisten Sekda dan Pimpinan OPD dalam Lingkup Pemkab Malteng, Kepala Kantor Kementerian Agama Malteng, Para Ketua Organisasi Wanita, Camat dan Kepala Pemerintah Negeri/Lurah, dan Ibu-Ibu Pengurus Tim Penggerak PKK Malteng.

“PKK merupakan organisasi yang memiliki jejaring paling luas, menyentuh komunitas terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga. Dengan luasnya jejaring itu, dan tumbuhnya gerakan PKK dengan agenda dasar pemberdayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, telah memberikan kontribusi berharga dalam pembangunan.” Ungkap Pj Bupati Malteng Rakib Sahubawa, dalam sambutannya.

Dalam hal ini kata Sahubawa, kekuatan pembangunan daerah berakar pada elemen keluarga sebagai komunitas mikro dalam masyarakat. Dimana keluarga sejahtera dan berkualitas merupakan pondasi dasar bagi keutuhan, kekuatan dan keberlanjutan pembangunan.

“Gerakan PKK dewasa ini dihadapkan pada tantangan pembangunan, yang juga dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, salah satunya adalah kemiskinan dan stunting,” ingatnya.

Dikatakannya, tahun 2023 Pemkab Malteng melaksanakan percepatan pembangunan, termasuk dalam penanganan kemiskinan dan stunting, guna mencapai target yang ditetapkan untuk tahun 2024, yakni 7% tingkat kemiskinan dan mendekati 0% kemiskinan ekstrem, serta 14% stunting. Sehingga saya berharap Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah dapat menjalankan program kerjanya secara beriringan dengan mengintegrasikan program PKK dengan Program prioritas Pemerintah Daerah.

“Saya berharap, agar Tim Penggerak PKK Malteng semakin untuk meningkatkan kinerja dan peran serta PKK dalam menyukseskan pembangunan. Tunjukkan kepada pemerintah jika PKK mampu meningkatkan kinerja daerah melalui gerakan PKK. Kuncinya adalah komitmen, tim kerja yang solid, kerja sama dan sinergi dengan seluruh stakeholder,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Sahubawa minta kepada para Camat sebagai Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kecamatan, dan Lurah/Kepala Pemerintah Negeri sebagai Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kelurahan dan Negeri, untuk senantiasa memberikan support, bimbingan, dan dukungan terhadap Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK.

“Dengan sinergitas yang baik antara Tim Penggerak PKK dengan para pemangku kepentingan, saya yakin pelaksanaan berbagai program kerja dapat berjalan dengan baik, dengan kebermanfaatan yang lebih luas. saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kontribusi Tim Penggerak PKK Malteng yang telah ikut memajukan pembangunan di Malteng,” ujarnya. (Nia)

Tinggalkan Komentar

Iklan