Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Parlemen

Minimnya Fasilitas Penanganan Sampah, Pemukiman Warga Tanjung Keramat dan Leato Jadi Korban Buang Sampah Sembarangan

×

Minimnya Fasilitas Penanganan Sampah, Pemukiman Warga Tanjung Keramat dan Leato Jadi Korban Buang Sampah Sembarangan

Sebarkan artikel ini
sampah
Example 468x60

Fakta News Masyarakat di sejumlah daerah terpencil di Kota Gorontalo, terutama yang berada di bawah lereng gunung dan sepanjang jalur pesisir pantai seperti Leato dan Tanjung Kramat, kembali menyuarakan keluhan terkait minimnya fasilitas penanganan sampah dan kurangnya armada pengangkut sampah di kawasan mereka.

Masyarakat mengeluhkan dampak negatif dari minimnya perhatian pemerintah terhadap penanganan smpah di wilayah mereka, mengakibatkan, banyak sampah dari atas lereng, baik yang disengaja maupun tidak disengaja dibuang oleh warga atau kendaraan melintasi daerah tersebut, langsung mengarah ke rumah-rumah penduduk yang berada di bawah lereng.

Example 300x300

“Masyarakat merasakan dampak besar dari masalah ini, tidak hanya harus menghadapi tumpukan sampah yang merusak pemandangan lingkungan mereka, tetapi juga mengalami masalah bau tidak sedap yang dihasilkan oleh sampah tersebut,” jelas Muchsin Brekat, menirukan keluhan yang diterimanya, saat reses, Bulan lalu.

“Selain itu, kekhawatiran munculnya potensi penyebaran penyakit akibat kondisi lingkungan yang tidak bersih juga menjadi isu yang patut diperhatikan lebih serius oleh pemerintah,” sambung Muchsin, tegas.

Meskipun keluhan ini sudah beberapa kali disampaikan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) saat masa reses, belum ada tindak lanjut yang memadai dari pihak berwenang.

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Gorontalo itu mendesak pemerintah Kota Gorontalo untuk segera mengambil tindakan konkret. Muchsin Brekat mendesak pemerintah untuk segera merespons keluhan masyarakat dan meningkatkan fasilitas penanganan sampah di wilayah-wilayah tersebut.

“Langkah ini mendesak, bahkan bisa dikatakan harusnya menjadi prioritas pemerintah kota. Sebab, ini berkaitan langsung dengan masalah lingkungan yang meruncing dan melibatkan kesehatan masyarakat di Kawasan-kawasan tersebut,” pugkasnya.

Sebagai wakil rakyat, Muchsin Brekat berharap agar pemerintah segera membentuk solusi terbaik guna menanggulangi permasalahan ini dan menjaga kesejahteraan masyarakat Gorontalo.

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot