Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

Pemkot Gorontalo Gelar Kunjungan Kerja ke Kota Tua Ternate

×

Pemkot Gorontalo Gelar Kunjungan Kerja ke Kota Tua Ternate

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com – Kota Gorontalo, Pemerintah Kota Gorontalo melakukan kunjungan kerja ke Kota Ternate Maluku Utara untuk studi tiru pengelolaan wisata budaya kota tua, Senin (04/12/2023).

Seperti diketahui, Kota Ternate dikenal dengan peninggalan kerajaan dan kesultanan yang tersohor, sehinnga menjadi pusat destinasi wisata domestik maupun manca negara.

Example 300x300

Dalam kunjungan itu Wali Kota Marten Taha mengatakan keberadaan obyek wisata yang ada dikota Ternate kaya akan sejarah peninggalan kebudayaan (heritage). Demikian juga dengan tidore kepulauan kaya akan budaya yang kental.

“Sebagai kota bersejarah, ternate dan tidore kepulauan memiliki berbagai peninggalan kebudayaan (heritage) baik yang bersifat artefaktual (kebudayaan material) maupun kebudayaan non material (nilai dan tradisi),” kata Marten Taha.

Menurutnya kebudayaan dan potensi wisata yang ada dikedua daerah punya kemiripan dengan Kota Gorontalo, dimana Gorontalo juga merupakan daerah peninggalan kerajaan. Berdasarkan kemiripan tersebut, penting bagi Marten untuk mengadopsi pengelolaan potensi menjadi aset bernilai untuk pendapatan daerah.

Dalam pertemuan dengan pemerintah kedua daerah itu, Marten memaparkan profil pariwisata kota Gorontalo yang didukung perda nomor 11 tentang 2016 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah (Ripparda) tahun 2016-2026.

“kedepannya, kebijakan pengembangan pariwisata kota gorontalo akan lebih diarahkan untuk pengembangan kawasan wisata budaya kota tua (heritage),” ujarnya.

Dikawasan Kota Tua Gorontalo sendiri, kata Marten, terdapat 6 bangunan yang telah berstatus sebagai bangunan cagar budaya, dan telah ditetapkan dengan SK Walikota, dan ada lebih dari 100 bangunan yang menjadi obyek yang diduga cagar budaya (odcb)

“Tepat ketika kami menjadikan kita Ternate dant Tidore Kepulauan sebagai daerah tujuan untuk pelaksanaan studi tiru terhadap berbagai program kegiatan pelestarian, pengelolaan serta pemanfaatan destinasi wisata budaya/ Sejarah,” Ucap Marten.

Marten Taha yang didampingi Ketua TP. PKK Kota Gorontalo, Kepala Bapppeda, sejumlah Kepala Bagian dilingkungan setda kota gorontalo dan pimpinan opd terkait diterima langsung Walikota M. Tauhid Soleman. Sementara di Kota Tidore Kepulauan rombongan Pemkot Gorontalo diterima Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo.

Selain kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Ternate dan Tidore Kepulauan, Marten juga bersilahturahmi dengan KKIG Kota Tidore. (Adv)

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot