Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

Pemerintah Kota Gorontalo Gelar Fokus Group Discussion Atasi Kemiskinan

×

Pemerintah Kota Gorontalo Gelar Fokus Group Discussion Atasi Kemiskinan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com –  Kota Gorontalo, Walikota Gorontalo, Marten Taha menghadiri acara Fokus Group Discussion (FGD) Penelitian tentang dampak pelaksanaan program kemiskinan terhadap percepatan penurunan angka kemiskinan di Kota Gorontalo, yang dilaksanakan di Yulia Hotel Kota Gorontalo, Selasa (17/10/2023).

Dalam sambutanya, Marten Taha mengungkapkan tantangan kesejahteraan sosial di kota gorontalo saat ini dititik beratkan pada memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat keseluruhan dan kualitas kehidupan masyarakat erat kaitannya dengan kemiskinan.

Example 300x300

Lanjut Marten, masyarakat pada umumnya berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan, sandang maupun papan sedangkan kebutuhan dasar lainnya akan perlindungan sosial yang dapat memberikan rasa aman ketika menghadapi musibah, bencana atau penurunan produktivitas karena faktor usia, masih belum menjadi prioritas akibat dari situasi ini tidak hanya akan berdampak pada penduduk miskin tapi juga bagi masyarakat yang berada diatas garis kemiskinan kehidupan sehari-hari.

“Menghadapi situasi seperti itu, pemerintah kota gorontalo melakukan penelitian dampak pelaksanaan program kemiskinan yang memuat data secara persepsional melalui focus group discussion dan rencana aksi daerah untuk penanggulangan kemiskinan,” ucap Marten.

Kata Marten, penelitian ini didasarkan beberapa undang-undang terkait, termasuk undang-undang yang mengatur tentang kesejahteraan sosial, fakir miskin, sistem jaminan sosial nasional dan administrasi kependudukan undang-undang ini menjadi acuan dalam perumusan program-program pengentasan kemiskinan dan memberikan kerangka hukum bagi pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan yang ada di kota gorontalo.

“Saat ini persentase kemiskinan kota gorontalo tahun 2022 sebesar 5,73 % yang merupakan kemiskinan terendah se-provinsi gorontalo,” ucapnya.

“Adapun presentase kemiskinan ekstrem kota gorontalo sebesar 0,47 % masih berada dibawah provinsi dan nasional,” sambungnya.

Terakhir kata dia, capaian-capaian ini tentunya perlu dijaga dan ditingkatkan keberhasilannya, sambil terus dilakukan evaluasi dan perbaikan dalam pelaksanaannya, agar cita-cita masyarakat kota gorontalo yang sejahtera, mandiri dan berkualitas dapat tercapai. (Adv)

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot