Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

Maksimalkan Koordinasi Lintas Sektor, Pemda Boalemo Genjot Penghapusan Miskin Ekstrem

×

Maksimalkan Koordinasi Lintas Sektor, Pemda Boalemo Genjot Penghapusan Miskin Ekstrem

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com, Boalemo – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Boalemo, angka kemiskinan di Kabupaten Boalemo mengalami peningkatan 19 persen pada tahun 2022 dari 18,87 persen di tahun 2021.

Namun, dengan adanya pandemi Covid-19, berdampak pada pertumbuhan ekonomi khususnya di Kabupaten Boalemo. Bahkan terdapat beberapa desa di dua Kecamatan di Kabupaten Boalemo yang masuk pada kategori Miskin Ekstrem.

Example 300x300

” Ada 4 desa yang menjadi lokus miskin ekstrem di Boalemo, yaitu desa Bualo, desa Bongo IV di Kecamatan Paguyaman, dan desa Dulupi, Tangga Barito di Kecamatan Dulupi,” Ungkap Sridjun Dangkua, Kepala Bappeda Kabupaten Boalemo, Selasa (2/8/2022) kemarin.

Namun kata dia, seluruh Kecamatan di Kabupaten Boalemo nanti akan menjadi target pengentasan kemiskinan ekstrem tersebut.

Sejalan dengan instruktur Presiden nomor 4 tahun 2022 tentang penghapus kemiskinan ekstrem, Sridjun mengatakan bahwa hal tersebut bisa tercapai dengan keterlibatan semua stakeholder di Kabupaten Boalemo.

Sementara itu, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Setwapres Republik Indonesia, Edi Safrijal, mengungkapkan bahwa kemiskinan ekstrem harus nol persen pada tahun 2024.

Edi meminta kerjasama lintas sektor, lintas level lembaga pemerintah memperkuat koordinasi dan berkolaborasi untuk bisa menghapus kemiskinan ekstrem khususnya di Boalemo.

” Pemerintah pusat membutuhkan akurasi data. Beberapa hari yang lalu Menko BMK telah menetapkan Kepmenko BMK nomor 30 tahun 2022, sumber dan jenis data yang akan dijadikan sebagai sasaran intervensi penghapusan kemiskinan ekstrim,” Pungkasnya.

Penulis: Fadli
Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot