Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Tajuk

Buruh Kontrak, Tulang Punggung Pemerintah Boalemo, Dibayar Tidak, Dihisap Iya

×

Buruh Kontrak, Tulang Punggung Pemerintah Boalemo, Dibayar Tidak, Dihisap Iya

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com, Tajuk – Sepertinya, persoalan tenaga kontrak di Kabupaten Boalemo tak kunjung selesai. Dari tahun ke tahun, berganti Bupati, tenaga kontrak seakan menjadi satu pembahasan karena masih menjadi beban APBD.

Protes terhadap pemerintah Kabupaten Boalemo, terkait persoalan Buruh Kontrak hampir sering terjadi tiap tahunnya. Tuntutan yang sering dilayangkan terhadap pemerintah Boalemo tidak lain adalah upah yang layak.

Example 300x300

Memang, menjadi buruh kontrak sudah menjadi suatu keharusan bagi manusia yang tidak memiliki usaha tetap atau alat produksi yang bisa menopang kehidupannya. Hal ini seolah tidak dapat ditolak dan mejadi suatu kewajaran bagi masyarakat pekerja di Kabupaten Boalemo.

Buruh kontrak adalah tulang pugung bagi pemerintah. Mereka adalah pekerja aktif yang mengantikan kerja para pegawai negri yang gajinya dua kali lipat dari gaji mereka. Namun hingga detik ini, meraka selalu dianggap sebelah mata, bahkan jika menuntut ini dan itu, ancamannya akan di keluarkan.

Kita mungkin lupa, bahwa tenaga kontrak yang bekerja di instansi pemerintahan sama dengan buruh yang bekerja di perusahaan-perusahaan. Sehingga penulis agak miris ketika bicara tentang buruh atau peringatan hari buruh hanya mereka yang bekerja di perusahaan, dan melupakan mereka tenaga kontrak yang punya kondisi yang sama dalam menuntut haknya.

Upah yang jauh dari standar UMR, bahkan tak dibayarkan full adalah hantu bagi buruh kontrak di Boalemo. Padahal, jika tanpa mereka, entah seperti apa jadinya pekerjaan di lingkungan instasi pemerintah kabupaten Boalemo.

Dengan gaji yang hanya 800 ribu rupiah sampai dengan satu juta rupiah,di Boalemo mereka di minta bekerja totalitas. Pekerjaan yang harusnya dilakukan oleh pegawai negeri, diambil alih oleh mereka, bahkan sering nyambi jadi Cleaning Service atau Office Boy. Diperintah sana sini tanpa miliki BPJS Ketenagakerjaan, bahkan dipaksa lembur tanpa ada gaji tambahan lembur.

Jika kondisi ini terus dipelihara oleh Pemerintah Kabupaten Boalemo, maka penulis berpendapat bahwa sistem Feodalisme di Kabupaten Boalemo sangat nyata, dan yang terjadi adalah penghisapan manusia atas manusia.

Tuntutan kerja buruh kontrak di Boalemo, tidak sebanding dengan tuntutan hidup mereka. Jika demikian, peningkatan kesejahteraan seperti yang di maksud pemerintah Boalemo?. Rumus apa yang dipakai untuk menghitung angka kemiskinan di Boalemo?.

Harapan penulis, Buruh kontrak di Boalemo segara sadar dari ketertindasan yang secara nyata dilakukan oleh kaum kapital birokrat. Bangun dan bersatu dengan meraka yang sampai dengan saat ini masih melakukan protes upah layak di Kabupaten Boalemo.

Penulis: Fadli Thalib
Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot