Peringati Maulid Nabi, Warga Manawa Buat Tolangga Terbesar di Pohuwato

oleh -151 Dilihat

Faktanews.com, Pohuwato– Momentum kelahiran Nabi Muhammad SAW atau maulid Nabi selalu disambut antusias oleh banyak masyarakat islam di Indonesia. Tak terkecuali Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Tepatnya di Desa Manawa Kecamatan Patilanggio. Pemuda di Desa ini merayakan maulid Nabi dengan membuat tolangga atau usungan raksasa yang ukurannya mencapai 9 meter, Jumat (22/10/2021).

Tolangga yang berukuran 9 meter ini disebut paling besar dari Tolangga yang pernah dibuat sebelumnya. Tolangga itu juga di hiasi atau diisi dengan hasil bumi dari masyarakat setempat serta harapan besar dan mendalam dari masyarakat.

Hal ini pun menarik perhatian masyarakat Desa lain yang melewati depan Mesjid Al-Muqlisin Desa Manawa untuk singgah dan mengambil gambar dari tolangga raksasa yang baru kali ini pernah ada di Kabupaten Pohuwato.

“Ide ini lahir dari anak muda dan masyarakat desa Manawa yang sangat antusias menyambut perayaan maulid nabi nasional di desa kita, jadi kami bersepakat membuat tolangga ini yang tingginya mencapai 9 meter,” kata Imran Puhi, ketua tamirul masjid al-Muqlisin.

Panitia pelaksana Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa itu mengangkat tema ‘Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M untuk Meningkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama Ditengah Pandemi Covid-19’.

“Saya berharap di perayaan maulid nabi tahun berikutnya, bisa lebih menarik dan mempunyai hikmah yang mendalam serta dibarengi semangat kepedulian sesama bagi masyarakat Desa Manawa,” lanjutnya.

Bagi warga Desa Manawa, setiap perayaan Maulid Nabi Muhammad selalu diramaikan dengan kue walima. Untuk kepala keluarga yang mampu sering kali membuat tolangga yang dibawa ke masjid terdekat.

“Kalau perayaan di mesjid dusun Butahu ini, torang anak muda dengan masyarakat selalu meramaikan maulid nabi. Dari Anak-anak sampai orang sudah tua-tua, jaga datang bakasih ramai maulid,” kata Candra Husain, salah seorang anak muda Desa Manawa.

Penulis: Surdin

No More Posts Available.

No more pages to load.