Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

Manfaatkan Peluang, Bupati Saipul Mulai Lirik Tanaman Porang

×

Manfaatkan Peluang, Bupati Saipul Mulai Lirik Tanaman Porang

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com, Pohuwato– Belakangan ini tanaman Porang tengah menjadi bahan perbincangan banyak masyarakat. Hal itu lantaran banyaknya kisah tentang petani Porang yang saat ini membudidayakan tanaman jenis umbi-umbian tersebut.

Tak terkecuali Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga. Kedepan, tanaman porang dan peluang pasarnya nantinya akan menjadi materi diskusi Bupati Saipul didampingi Kadis Pertanian, Kepala Baperlitbang dan Kadis Kominfo dengan pihak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan, Kamis (7/10/2021).

Example 300x300

“Banyak informasi yang saya dengar terkait tanaman ini bisa mendongkrak perekonomian dan katanya tanaman yang menjanjikan. Warga kami mulai bertanya-tanya,” kata Bupati Saipul.

Hal itu kemudian ditanggapi oleh BPTP Sulawesi Selatan (Sulsel). Dijelaskan oleh pihak BPTP bahwa, hampir seluruh Kabupaten di Sulsel sudah menanam porang.

“Kapasitas produksi 5 pabrik itu 5 sampai 10 Ribu Ton per bulan. Sementara bahan bakunya hanya 30 persen yang bisa dipenuhi oleh petani. Jadi ada peluang 70 persen,” papar salah satu pejabat BPTP Sulsel.

Lebih lanjut, hasil produksi yang tinggi beberapa testimoni dari petani porang hasilnya mencapai Rp100 Juta per hektar.

Penulis: Surdin
Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot