Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

16 Tahun Akhirnya Asilulu Memiliki Raja Defenitif

×

16 Tahun Akhirnya Asilulu Memiliki Raja Defenitif

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com, Maluku Tengah – Setelah berproses selama 16 tahun,  Negeri Asilulu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), memiliki Raja defenitif Moh. Risad Fahlefi Ely, Sabtu,(21/8/21), dilantik oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua, berlangsung di Beileo Ir. Soekarno.

“Selama 16 tahun Asilulu baru  memiliki Raja, saya penjabat yang ke 8 dan berhasil memproses agenda  tahapan pemilihan sampai puncaknya pelantikan oleh Bupati Malteng hari.” Tegas mantan penjabat KPN Negeri Assilulu, Rahmat Ely kepada wartawan, Sabtu, (21/8/21), di Baileo Ir. Seokarno Masohi.

Example 300x300

Menurutnya pengusulan dan pengangkatan Fahlefi sebagai Raja Assilulu dari mata rumah parentah Ely Lumahatu/Lumaupal, melalui musyawara yang  dihadiri seluruh keturunan Ely Lumahatu/Lumaupal yang digelar pada bulan juni 2021 lalu. Memudian dari hasil musyawarah diserahkan kepada Badan Saniri Negeri untuk ditetapkan sebagai Raja atau KPN Assilulu.  

“Jadi Raja Negeri Asilulu dipilih dan ditetapkan berdasarkan musyawarah Matarumah parentah Ely Lumahatu dan diterima seluruh masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu Raja Negeri Asilulu Fahlefi, mengatakan bahwa jabatan yang dipegang merupakan amanah yang harus dijalankan dan dipertanggung jawabkan kepada masyarakat dan Allah SWT.

“Pelantikan ini maka seluruh perbedaan telah selesai dan saya akan merangkul semua warga masyarakat tanpa ada perbedaan untuk bersama membangun negeri untuk kesejahteraan masyarakat. Ini amanah yang dipikul dan akan dipertanggung jawabkan kepada pemerintah,  masyarakat dan Allah SWT,” ucapnya.

Menjadi perhatian pasca pelantikan ini, untuk membangun negeri maka selain sektor pembangunan dan ekonomi kata Ely. Persoalan dasar adalah kembali mendudukkan pranata adat yang selama ini berjalan kurang baik. “Prioritas perhatian yakni mengatur dan mendudukkan pranata adat di Negeri Asilulu agar kembali berjalan sesuai sehingga tidak menjadi perbedaan. Selain itu sektor pembangunan dan ekonomi yang sudah di atur dalam mekanisme pengelolaan dana baik ADD dan DD oleh pemerintah,” ujarnya.

Untuk diketahui Pelantikan Raja Negeri Asilulu bersaman dengan pelantikan masing-masing Raja Negeri Mamala Kecamatan Leihitu, Raja Negeri Soahuku, Hatuheno Kecamatan Amahai,  Raja Negeri Teluti Baru Kecamatan Tehoru,  Raja Negeri Seti Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Raja Negeri Samal dan Raja Negeri Waitonipa Kecamatan Seram Utara Timur Kobi. (FN/Uc)

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot