Peringati HUT RI ke-76, Lapas Kelas IIB Boalemo Gelar Ngobrol Merdeka

oleh -60 Dilihat

Faktanews.com, Boalemo – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIB Boalemo gelar Ngobrol Merdeka dengan tema “Lapas Boalemo Menuju Transparansi Publik”, Rabu (18/07/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Wombohe L’ Bos Lapas Boalemo ini, dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boalemo, Sherman Moridu, Anggota DPRD Boalemo, Kepala Dinas KB Boalemo, serta menghadirkan jurnalis yang ada di Kabupaten Boalemo.

Dalam sambutanya, Kalapas Boalemo, Giyono A.md. IP, SH. MH mengatakan bahwa kegiatan kali ini merupakan salah satu program yang digagas dalam rangka Lapas Boalemo menuju transparansi publik.

“Sengaja kami juga melibatkan para jurnalis, karena kami tahu peran media itu sangat penting guna penyebarluasan informasi yang berada di Lapas Boalemo,” ujarnya.

Dirinya pun menjelaskan bahwa saat ini ada beberapa program yang sedang digagas oleh Lapas Boalemo diantaranya Lapas Boalemo menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta pelayanan yang berbasis SMILE (Sportif, Moralitas, Integritas, Loyalitas, dan Empati).

“Terkait dengan kehumasan, kami juga telah memiliki aplikasi AILA (Aplikasi Informasi Layanan Lapas Boalemo) yang bisa digunakan masyarakat guna mendapatkan informasi seputar pelayanan di Lapas Boalemo,” jelasnya.

“Soal pelayanan makanan, kemarin kami juga telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, dan Alhamdulillah kami sudah mendapatkan standar pelayanan tata boga, diantaranya uji kelayakan dapur serta standarisasi pengolahan air minum untuk warga binaan,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Sherman Moridu, dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada Lapas Boalemo yang telah menggagas kegiatan dialog kemerdekaan kali ini.

“Alhamdulillah, setahu saya ini adalah kegiatan pertama dari Lapas Boalemo yang bersifat informal, tentunya ini mesti mendapatkan apresiasi dari kita semua,” kata Sherman.

Selain itu, Sherman juga memuji kegigihan dari Kalapas Boalemo yang telah mampu berinovasi serta merubah wajah dari Lapas Kelas IIB Boalemo.

“Tak bisa kita pungkiri, bahwa saat ini Lapas Boalemo telah banyak berubah, dari pelayananya, fasilitas, serta wajah dari Lapas itu sendiri, sehingganya kita menjadi tidak sadar jika sedang berada di dalam lapas,” ujarnya.

Penulis: Mohammad Syarief Evansyah

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.