Batu Hitam Disebut jadi Penyambung Hidup Warga Bone Bolango

oleh -112 Dilihat

Faktanews.com, Pohuwato – Penambang batu hitam yang berada di Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango menyebut bahwa tambang batu hitam mampu meningkatkan hayat atau hidup masyarakat Kabupaten Bone Bolango dari segi ekonomi.

“Karena hayat hidup dari sekitar 90.000 orang itu menggantungkan diri di daerah pertambangan. Disisi ekonomi barangkali kita sudah lihat bagaimana secara signifikan dengan adanya pertambangan ini benar-benar bisa meningkatkan taraf hidup dan hayat hidup masyarakat banyak,” kata Imbo, mewakili masyarakat penambang batu hitam di Bone Bolango, Kamis (5/8/2021).

Untuk itu menurutnya, tidak ada alasan Pemerintah Daerah untuk menutup tambang batu hitam tersebut.

Tidak hanya itu, bahkan kata Ayah Imbo (sapaan akrabnya), dari segi pendidikan tambang batu hitam telah banyak berkontribusi untuk pendidikan bagi masyarakat sekitar.

“Dari segi pendidikan, yang tadinya di Kecamatan kita, khususnya di suwawa timur, yang tadinya untuk mencari seorang sarjana itu sulit, tapi sekarang setiap KK itu hampir 2-3 orang untuk mampu menyekolahkan ke universitas dan sampai sudah terlahir sarjana-sarjana,” ungkapnya.

Mewakili masyarakat penambang, ia mengaku bahwa mereka siap untuk di atur oleh pemerintah.

Ia juga berharap supaya bagaimana langkah Pemerintah Daerah Bone Bolango agar mengusahakan legalitas dari tambang tersebut. Agar ada Pendapatan Asli Daerah yang bisa di serap dari tambang tersebut.

“Setelah pernyataan-pernyataan dari para penentu kebijakan di daerah ini, alhamdulillah semuanya memberikan angin segar kepada para penambang. Pada dasarnya kami penambang siap untuk di atur, cuma bagaimana Pemerintah Daerah untuk memoles ini sampai bagaimana bisa untuk bagaimana bisa mendapatkan Pendapatan Asli dari pada Daerah,” tandasnya.

Penulis: Surdin

No More Posts Available.

No more pages to load.