Pacu Ranperda P4GN, Pansus DPRD Boalemo Kunjungi Kantor Pengacara Mohamad Ikbal Kadir

Faktanews.com, Boalemo – Permasalahan Narkoba, membuat Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo memutar otak guna mencari solusi. Ranperda mengenai Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) pun nampaknya akan menjadi solusi.

Alhasil, guna menseriusi hal ini, DPRD Kabupaten Boalemo membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang diketuai oleh Aleg Harijanto Mamangkey guna membahas serta mendalami ranperda ini.

Tak butuh waktu lama, mereka langsung ‘tancap gas’ dengan melakukan kunjungan kerja ke beberapa instansi terkait diantaranya Kanwil Hukum dan Ham Provinsi Gorontalo, Biro Hukum Pemprov Gorontalo serta pada Kamis, (10/06) tadi mereka menyambangi Kantor Pengacara dan Konsultan Hukum Mohamad Ikbal Kadir & Rekan.

Ketua Pansus P4GN, Harijanto Mamangkey saat dihubungi, menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kunjungan kali ini guna melakukan konsultasi dan koordinasi serta meminta masukan dan saran dalam rangka penyempurnaan ranperda dimaksud.

“Advokat atau pengacara yang sudah berpengalaman mengangani perkara dugaan penyalahgunaan narkotika juga kita libatkan diantaranya Mohamad Ikbal Kadir Dan Rekan,” kata Ko’o Hari, sapaan akrabnya.

Aleg PDI Perjuangan itu pun mengungkapkan bahwa hasil dari kunjungan tersebut, tim pansus mendapatkan beberapa masukan.

“Dengan adanya perda ini, nanti menurut Mohamad Ikbal Kadir akan menjadi pintu masuk bagi pembentukan IPWL di Kabupaten Boalemo,” lanjutnya.

Tak hanya itu, sambung Harijanto, bahwa rehabilitasi medis disaat para korban sedang menjalani proses hukum maupun bantuan hukum bagi para korban penyalahgunaan narkotika juga menjadi bagian dari saran ataupun masukan yang disampaikan kepada tim pansus.

“Kedepannya, pansus P4GN juga akan meminta masukan dari organisasi penggiat anti narkotika seperti Granat dan Gerwana juga sejumlah LSM terkait serta mantan pecandu atau pengguna guna mendapatkan berbagai masukan dalam rangka penyempurnaan ranperda yang merupakan usul inisiatif DPRD ini,” tukasnya. (FN/13)

Leave A Reply