IMM Warning Bupati Pohuwato Soal Jual Beli Bantuan Bibit Jagung dari Kementerian

Faktanews.com, Pohuwato – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pohuwato, berikan warning kepada Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga, perihal adanya dugaan jual beli bantuan bibit jagung yang terjadi di wilayah barat Kabupaten Pohuwato baru-baru ini.

Pasalnya, bantuan tersebut diberikan langsung oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian kepada masyarakat Kabupaten Pohuwato. Naas, diduga belum sampai ke tangan para petani, namun bibit tersebut sudah terjual kepada tukang tada yang berasal dari luar Provinsi Gorontalo.

“Perlu kami ingatkan kepada Bupati Pohuwato bahwa hati-hati dengan kejadian ini, beliau harus bertanggung jawab dan harus bersikap tegas terhadap oknum-oknum yang coba mempermainkan bibit ini, terlebih lagi bibit ini adalah bantuan dari (Pemerintah) Pusatkan,” kata Muhammad Azhar Badiu, Ketua IMM Kabupaten Pohuwato saat ditemui, Rabu (10/6/2021).

“Bupati tidak boleh loyo, kalau memang ada oknum-oknum di Dinas Pertanian, penyuluh bahkan siapapun yang terlibat tindak tegas dia, biar bisa menjadi pelajaran untuk yang lain,” tegasnya

Ia khawatir, akibat dari kejadian ini reputasi Kabupaten Pohuwato yang telah di bangun oleh Bupati sebelumnya akan menjadi rusak karena kejadian ini.

“Kalau Bupati sebelumnya telah membangun nama baik Pohuwato, maka kami harap Bupati saat ini jangan sampai merusak reputasi yang telah di bangun sebelumnya,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap Pemerintah Daerah untuk kedepannya lebih teliti dalam hal ini. Jangan sampai kejadian akan terulang lagi di bantuan-bantuan selanjutnya.

“Saat ini kan benih bantuan itu belum tersalurkan di semua kecamatan, maka pemerintah haruslah lebih jeli dengan kejadian kemarin, jangan sampai terulang lagi di kecamatan-kecamatan berikutnya,” harapnya.

Ia pun berharap kepada pihak penegak hukum agar bersifat terbuka. Biar masyarakat tau bahwa tidak ada yang disembunyikan di balik peristiwa ini.

“Ya harus itu, penegak hukum juga harus terbuka kepada publik, biar masyarakat tau siapa-siapa mereka ini, biar masyarakat tau kalau mana mukanya orang yang buat susah para petani ini,” pungkas aktivis IMM itu.

Penulis: Surdin

Leave A Reply