Plt. Anas Minta DKP Perhatikan Program Strategis Pemda Boalemo

Faktanews.com, Boalemo – Plt. Bupati Boalemo, Ir.Anas Jusuf, M.Si mengingatkan Dinas Kelautan dan Perikanan agar dapat memperhatikan program-program strategis Pemda Boalemo, khususnya di bidang kelautan.

Hal tersebut disampaikanya pada saat melakukan Road Show di Dinas kelauatan dan Perikanan Kabupaten Boalemo, Senin (24/05/2021).

“Saya ingin bapak dan ibu benar – benar memperhatikan program-program strategis, misalnya bantuan kelompok – kelompok nelayan, pemberdayaanya terus menerus. Karena saya evaluasi di beberapa tempat, sepertinya program – program bantuan yang digulirkan kepada kelompok – kelompok nelayan ini, tidak berkesinambungan,” kata Anas.

Bahkan, lanjut Anas, beberapa fasilitas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah tidak dikelola secara maksimal oleh penerima bantuan. Sehingganya, Plt. Anas meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Boalemo agar mencari faktor-faktor penyebabnya.

“Kita dalam memberikan bantuan harus diimbangi dengan pembinaan-pembinaan, sehingga masyarakat dapat memahami bahwa tidak semua harus dibantu oleh program pemerintah,” lanjutnya.

“Mari kita ubah pola fikir dari kelompok-kelompok nelayan, bahwa bantuan Pemerintah itu hanya bersifat stimulan. Sebenarnya bantuan itu hanya langkah awal, setelah itu mereka harus mandiri, dan usaha mereka harus berkembang, seperti halnya pengusaha,” sambungnya.

Terakhir, dirinya berharap kepada Dinas Kelautan dan Perikanan agar pada saat memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok nelayan harus diimbangi dengan bimbingan teknis.

“Harus diimbangi dengan pemberian pelatihan, sehingga mereka benar-benar memahami, bahwa bantuan yang di berikan oleh Pemerintah itu hanya sekali,” tukasnya. (FN/13)

Leave A Reply