Jelang Idul Fitri Pemkab Malteng Gelar Pasar Murah 

Faktanews.com, Maluku Tengah Menjelang Hari Raya Idul Firi 1441 H, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melalui Dinas Perdagangan Dan Perindustrian (Disdagin), menggelar kegiatan pasar murah, Selasa, (5/5/21) yang dipusatkan di Masohi. 

Abdul Asis Tuasikal selaku penanggung jawab kegiatan pasar murah mengatakan bahwa,  kegiatan pasar murah akan berlangsung selama hari dari tanggal 5 sampai 6 Mei 2021 yang dipusatkan di dua tokoh mitra kerja Disdagin Malteng yakni Toko Sembako Wangi-wangi dan Ratu Balgis di Kota Masohi. 

“Dalam kegiatan ini tetap mengikuti prosedur kesehatan penanganan dan pencegahan Covid-19, yang mana masyarakat penerima kupon datang langsung ke toko untuk mengambil sembako sesuai yang dibeli,  tidak ada antrian untuk pengambilan kupon, ” tegasnya kepada fakanews.com di ruang kerjanya, Rabu, (6/5/21).

Kebutuhan sembilan bahan pokok yang disubsidi kata Tuasikal, dibuat dalam bentuk kupon yakni  per kupon terdiri dari gula pasi 2 Kg, mentega perkap,  terigu 1 kg,  minyak bimoli 1 liter,  susu 1 kaleng, coco-cola dan sejenis 1 botol dan telur ayam 10 butir. 

“Satu kupon untuk  7 kebutuhan pokok dengan nilai harga sebesar Rp. 130.000, setelah disubsidi pemerintah sebesar Rp. 60.000, maka masyarakat hanya membayar sebesar Rp. 65.000 per paket kebutuhan,” jelasnya. 

Sementara itu Plt Kepala Dinas Perdagangan Dan Perindustrian (Disdagin) Malteng Musalam Tomagola mengatakan bahwa,  pasar murah tahun ini kita pusatkan di dalam Kota Masohi tidak seperti tahun sebelumnya yang digelar kuga di kecamatan. Ini disebabkan karena dana yang tersedia terbatas sehingga kita sesuaikan dengan kondisi, meski demikian pasar murah dapat membantu masyarakat akan kebutuhan menjelang perayaan Idul Fitri tahun ini.

“Kita sesuaikan dengan anggaran maka di tahun ini kupon pasar murah yang disediakan juga terbatas, bila sebelumnya kita kerjasama dengan tiga toko sembako, tahun ini hanya dengan dua koto. Kupon yang kita sediakan hanya sekitar 1300 kupon untuk masyarakat yang ada di lima kelurahan  di Kota Masohi,” ujar Tomagola kepada faktanews di ruang kerjanya.

Kita berharap pasar murah yang digelar dimasa pandemi covid-19 ini dapat membantu masyarakat yang benar-benar terdampak covid. “Dengan pasar murah ini masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dalam menjalang perayaan idul fitri  di masa pandemi Covid-19, jangan dilihat jumlahnya tetapi manfaatnya, ” harapnya. (FN/Uc)

Leave A Reply