Hadiri Sosialisasi Pengolahan Pupuk Organik, Plt. Anas Sampaikan ini

Faktanews.com, Boalemo – Plt Bupati Boalemo Ir.Anas Jusuf,M.si menghadiri sosialisasi pengolahan pupuk organik, bertempat di BPP pertanian Kecamatan Wonosari, Selasa (20/4).

Sosialisasi tersebut turut hadir juga Kadis Pertanian Roslina Karim, PT Dosmi Doha ,Camat Wonosari Lukman Amu, Camat Paguyaman Irwan Mantu, Kepala-kepala Desa dan pengurus Bumdes.

Pada kesempatannya, Plt Bupati Boalemo Anas Jusf menyampaikan terima kasih kepada PT.Dosmi Doha yang telah mensosialisasikan pengolahan pupuk organik kepada masyarakat petani dan pengelola Bumdes yang ada di Kecamatan Wonosari.

“Tentunya PT.Dosmi Doha ini memiliki misi tersendiri untuk keberlangsungan kehidupan pertanian khususnya di Kabupaten Boalemo,” ucapnya

Dirinya juga menjelaskan pemakaian pupuk non organik tidak selamanya menyuburkan tanah, sebab pupuk non organik itu hanya bersifat sesat.

“Bapak-bapak mungkin lebih tahu bahan kimia pupuk non organik dimana pupuk bahan kimia ini memang memiliki dosis tertentu yang dapat menyuburkan tanah, tetapi lama-lama di pakai bukan lagi menyuburkan tanah bisa-bisa menjadi racun bagi tanah, karena bahan kimia atau pupuk non organik itu sifatnya hanya sesaat,” jelasnya

Tak hanya itu ia juga mengatakan, kepada pengolala pupuk agar bisa menggunakan pupuk organik, sebab pembuatan pupuk tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

“kalau selama ini kita menggunakan bahan kimia terus lama-lama tanah kita akan teracuni, tetapi dengan pupuk organik ini tanah kita akan subur kembali. lalu bahan kimia ini semakin lama semakin mahal harganya, sementara pupuk organik tersedia di alam yang berasal dari kotoran hewan sapi,” tambah Anas

Terakhir Anas berharap, dengan Sosialisasi ini bisa memperoleh ilmu yang dapat bermanfaat untuk pengolahan pupuk organik.

“Saya berharap kepada peserta sosialisasi agar benar-benar mencermati materi yang di berikan oleh pemateri,” tutupnya. (***)

Leave A Reply