Forum LLAJ Kembali Diaktifkan, Ini Kata Kadishub Malteng

Faktanews.com, Maluku Tengah – Forum  Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) sebagai organisasi komunikasi dan wahana koordinasi antar instansi penyelenggara Lalu Lintas dalam merencanakan dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan. Selama ini tidak difungsikan secara baik sehingga seringkali terjadi Miskomunikasi  antara instansi penyelenggara Lalu Lintas antara Satuan Polisi Lalulintas dan Satuan Dinas Perhubungan.

Untuk mengintensifkan peran tersebut maka,  Forum LLAJ Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) akan difungsikan tahun ini 2021.

“Forum Lalu Lintas itu merupakan amanat dari Undang-undang Lalu lintas yang wajib dilakukan di setiap kabupaten dan tahun ini akan kita aktifkan kembali.  Dan setiap kabupaten wajib untuk membuat forum ini, tetapi saya tidak tahu hambatan apa yang membuat itu sehingga tidak bisa di buat dalam satu peraturan sesuai dengan yang ada, namun akan kita buat.” Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng)  Yosman Pabisa kepada faktanews.com, Kamis, (1/4/21), di ruang kerjanya.

Karena forum ini baru akan di aktifkan maka berbagai masukan dari pihak terkait akan dibahas bersama dalam rangka menyelesaikan permasalahan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sebab tugas utama forum ini adalah melakukan koordinasi antar Instansi penyelenggara.

“Karena forum ini baru diaktifkan kembali maka akan mendapatkan masukan-masukan, hal-hal yang dilihat dari kondisi terkini dengan adanya data-data dan sebagian, setelah kita kumpul kemudian dilakukan evaluasi dan perbaikan,” ucapnya.

Namun dalam menjalankan forum ini lanjut Pabisa, perlu ada kesadaran penyelenggara dan lebih pentingnya kesadaran dari pengguna lalu lintas dan angkutan jalan. Untuk menjawab itu maka forum ini dalam kegiatannya harus dilakukan pelayanan langsung kepada masyarakat, tidak menunggu.

“Kegiatan dari forum ini  dilakukan pelayanan langsung kepada masyarakat, sehinga lebih mengetahuai kondisi sebenarnya dilapangan termasuk data-data lalu lintas dan angkutan jalan, ” ujarnya. (FN/Sri)

Leave A Reply