Gelar Rapat Forum Gabungan OPD,  Ini Pesan Bupati Malteng

Faktanews.com, Maluku Tengah – Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua secara resmi membuka Rapat Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Malteng berlangsung di Baileo Ir. Soekarno Pendopo Bupati Masohi,  Jumat, (26/3/21). Hadir Sekretaris Daerah (Sekda)  Rakib Sahubawa, Asisten Dua Bahrun Kalauw,  Pimpinan OPD  dan staf.

“Organisasi Perangkat Daerah sebagai ujung tombak penyelenggara pemerintahan dituntut untuk mengembangkan landasan pemikiran yang kuat dan komprehensif untuk mendorong pencapaian Visi dan Misi Pembangunan Daerah yang diemban melalui agenda pembangunan yang tepat, efektif, efisien, dan memiliki dampak yang nyata terhadap seluruh bagian masyarakat dan sektor di Malteng.” Hal ini disampaikan Tuasikal dalam sambutannya.

Bagi Pemkab Malteng, pengembangan landasan pemikiran yang kuat dan komprehensif pada tahun 2022, kata Tuasikal. Hal ini diawali dari penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD dan akan dilanjutkan dengan penyusunan Dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD. yang merupakan dokumen perencanaan daerah yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah dalam rangka menyukseskan RPJMD Malteng Tahun 20l7-2022.

“Forum Gabungan OPD sebagai salah satu tahapan perencanaan yang bertujuan untuk membahas Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah dengan rancangan RKPD, harus dimaknai sebagai momen untuk menyamakan langkah dan menyatukan komitmen kita menghadirkan perencanaan yang baik dalam membangun daerah. Perencanaan Pembangunan yang baik tersebut, harus mampu memadukan dan mensinergikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah dengan asPirasi masyarakat yang telah dihimpun melalui Musrenbang negeri, Musrenbang kecamatan, dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD,” ujarnya.

Sebagai tahu terakhir pelaksanaan RPJMD Malteng tahun 200-2022, Bupati dua periode ini mengingatkan kepada semua Pumpinan OPD agar rencana program dan kegiatan yang disusun untuk tahun 2022 harus memperhatikan capaian kinerja tahun-tahun sebelumnya, perkiraan capaian tahun 202l, serta mengevaluasi secara mendalam dan sungguh-sungguh Target kinerja tahun 2022 yang termuat dalam RPJMD tahun 20l7-2022.

“Rencana Program dan Kegiatan tahun 2022 yang akan disusun, juga harus memperhatikan kondisi dan dampak pandemi Covid yang tengah dihadapi, baik dalam skala nasional, regional dan khususnya Malteng, ” ingatnya. (FN/Uc)

Leave A Reply