USAID Gelar Pertemuan Multi Pihak Bersama Arika Kalesan Masohi

Faktanews.com, Maluku Tengah – USAID Indonesia Urban Water Sanitation Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua ( USAID IUWASH PLUS) menggelar Pertemuan Multipihak bersama Arika Kalesang Masohi. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan WASH di Masyarakat Maluku Tengah (Malteng) secara berkelanjutan, Kamis, (18/3/21) berlangsung di Operation Room lantai tiga Kantor Bupati Malteng.

Kegiatan itu, dihadiri Assisten Dua Sekretaris Daerah (Sekda) Malteng Bahrun Kalauw mewakili Bupati Tuasikal Abua,perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPLITBANGD), Perwakilan PDAM, Perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Camat Kota Masohi,  Lurah Ampera, Letwaru dan Lurah Namasina, pihak Bank dan stakeholder lainnya.

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Assisten Dua Sekda Malteng, Bahrun kalauw, dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena sangat penting dalam rangka mengintegrasikan upaya  bersama untuk mempercepat peningkatan akses air minum, sanitasi layak dan perubahan perilaku masyarakat di daerah ini.

” Menyadari bersama bahwa perwujudan 1004 akses air minum dan sanitasi yang layak merupakan kewenangan daerah dan menjadi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, maka pemerintah Daerah, instansi terkait dan stakeholder telah menyusun strategi dan kebijakan pengembangan penyediaan air minum dan sanitasi layak di Kabupaten Maluku Tengah,” ujarnya.

Dirinya menegaskan bahwa kegiatan yang digelar harus diikuti dengan serius, disiplin dan penuh tanggung jawab bahkan memberikan kontribusi pikir untuk memboboti pelaksanaan kegiatan tersebut dengan pendampingan dari USAID IUWASH PLUS, sehingga terpenuhinya komitmen bersama untuk percepatan akses air minum dan sanitasi di daerah ini nantinya dapat dilaksanakan dengan baik.

” Seluruh peserta kegiatan ini dapat lebih terbuka dalam merespon berbagai permasalahan yang dihadapi untuk mencapai target peningkatan akses dan perubahan perilaku masyarakat di sektor air minum dan sanitasi yang telah dilakukan selama Ini sehingga nantinya dapat merumuskan langkah-langkah strategis dan berkelanjutan yang perlu dilakukan untuk menyukseskan target pembangunan berkelanjutan atau biasa disebut Sustainable Development Goals (SDGs) 2030,” tandasnya.

“Kita semua selalu mampu bekerja keras, penuh dedikasi, disiplin, dan profesional serta terus bekerjasama dan bergandeng tangan, bahu membahu mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, serta melayani masyarakat sesuai tugas dan tanggung jawab diamanahkan kepada kita sehingga masyarakat dan daerah ini makin maju dan sejahtera,” harapannya . (FN/Sri)

Leave A Reply