Tuasikal : Forum Koordinasi Sebagai Akselerasi Program Kerja

Faktanews.com, Maluku Tengah – Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua mengatakan bahwa forum koordinasi yang digelar Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura sebagai upaya menghasilkan sinergitas dan akselerasi program kerja.

“Kegiatan di sektor tanaman pangan dan hortikultura agar dapat terlaksana secara terpadu, efektif dan berkelanjutan serta dapat memberikan manfaat bagi kemajuan daerah ini,” Tegas Tuasikal dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Sekda Malteng Bahrun Kalauw saat membuka kegiatan forum koordinasi Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Selasa, (9/3/21) yang berlangsung di Aula Balitbangda Malteng.

Sektor pertanian kata Tuasikal, merupakan salah satu sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional. Pembangunan Pertanian merupakan salah satu bagian yang pada akhirnya harus dilaksanakan secara keseluruhan dan berkelanjutan karena menyangkut berbagai aspek seperti ekonomi, ekologi, lingkungan pengembangan wilayah dan banyaknya tenaga kerja yang terlibat serta menggantungkan hidupnya dan‘ sektor pertanian sehingga berdampak pada kesejahteraan dan Kemakmuran rakyat.

“Dalam struktur perekonomian di Malteng, sektor pertanian mempunyai peran yang sangat penting yang dapat dilihat dari kontribusi sektor pertanian terhadap pertumbuhan nilai tambah perekonomian daerah, baik untuk pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), ketahanan pangan maupun penyerapan tenaga kerja,” ujarnya.

Dengan demikian menurutnya, arah kegiatan pembangunan pertanian sektor Tanaman Pangan dan Hortikultura di Malteng harus benar-benar difokuskan pada upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pangan.

” Olehnya itu, saya sangat berharap melalui Forum OPD ini nantinya dapat melahirkan kebijakan, program dan kegiatan strategis yang diarahkan untuk menjawab berbagai tantangan di bidang pangan dan hortikultura terutama dalam menghadapi masa pandemi COVlD-19, sehingga pada akhirnya mampu mendorong pemulihan ekonomi di Malteng melalui peningkatan produksi pangan,” harapnya.(FN/Uc)

 56 total views

Leave A Reply