Disdagin Gelar Forum Koordinasi, Tuasikal : Pembangunan Ekonomi Harus Ditingkatkan

Faktanews.com, Maluku Tengah – Dalam rangka menyatukan pandangan dan penyelarasan pelaksanaan pembangunan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menggelar kegiatan Rapat Forum Koordinasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Hotel Lelemuku Masohi, Senin (8/3/2021).

Bupati Malteng Tuasikal Abua, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Malteng, Kalauw menyampaikan bahwa sektor industri dan perdagangan sangat berpotensi untuk mempercepat pembangunan ekonomi di wilayah Malteng.

“Sektor perindustrian dan perdagangan mempunyai peran strategis dalam upaya untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah dan nasional, karena sebagai penggerak utama pembangunan ekonomi. Dimana selain dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan nilai tambah lapangan kerja dan devisa, serta mampu memberikan kontribusi yang besar dalam pembentukan daya saing nasional tetapi juga sangat berperan dalam hal akselerasi pembangunan,” Ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan hal harus menjadi perhatian khusus oleh pemerintah dan seluruh pelaku usaha dalam meningkatkan ekonomi di daerah bahkan ke tingkat nasional, terutama dalam menjawab berbagai kebutuhan masyarakat dan menghadapi tantangan persaingan global dimasa mendatang.

“Oleh karenanya diperlukan sinergitas dan kesamaan pandangan, persepsi dan aksi dalam pembangunan sektor industri dan perdagangan, baik dari swasta, pelaku usaha, para pemangku kepentingan maupun lembaga yang menjadi wadah perdagangan dan perindustrian,terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi kedepan sehingga hasil yang dicapai optimal,” Jelasnya.

Tuasikal menekankan agar Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk dapat lebih proaktif dan terus melakukan koordinasi dan sinkronisasi program dengan instansi dan lembaga terkait lainnya, terutama dalam upaya mendorong pelaku usaha, dan Industri Kecil Menengah, mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, menangkap peluang perdagangan melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran produk serta program-program inovasi lainnya.

“Melalui Rapat Forum Koordinasi Sektor Industri dan Perdagangan ini, saya mengharapkan agar nantinya dapat benar-benar menghasilkan perencanaan yang implementatif. Memunculkan Program-program inovatif dalam rangka meningkatkan keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan sektor industri dan perdagangan guna pencapaian target pembangunan daerah sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” Harapnya. (FN/Uc)

 302 total views

Leave A Reply