Korupsi Mega Proyek GORR, GPI Desak KPK Ambil Alih

Faktanews.com – Gorontalo.Ketua PW Gerakan Pemuda Islam (GPI) Jakarta Raya, Rahmat Himran, meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI untuk segara mengambil alih kasus Mega Proyek Gorontalo Outer Ring Road (GORR) yang saat ini ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Jumat (22/1/2021).

” Kami sudah memasukan surat pemberitahuan aksi demo di Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya. Rencana kami yang akan melakukan aksi demo di KPK RI terkait kasus korupsi GORR yang ada di Provinsi Gorontalo, pada hari kamis tanggal 28 Januari 2021 nanti. Sejauh ini pendalaman kasus dugaan korupsi GORR belum juga tuntas, untuk itu kami berharap kepada KPK untuk mengambil alih kasus tersebut,” tutur Rahmat.

Rahmat mengatakan kasus yang telah menyeret nama orang nomor satu di Gorontalo itu, perlu tindakan yang tegas dari Aparat Penegak Hukum (APH). Menurut Rahmat, pada data yang keluar dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), juga menemukan belasan transaksi mencurigakan di rekening Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dari medio pertamanya hingga Tahun 2018. Diantaranya ada yang menyebutkan remark “Fashion Gubernur” dan transfer bernilai total US$ 85 ribu ke rekening Bank Mandiri atas nama Rusli Habibie pada 2012 serta terdapat transaksi setor tunai dengan nominal yang signifikan pada periode waktu menjelang dimulainya proyek pembebasan lahan jalan GORR tersebut.

“ Ada beberapa poin yang bersifat underlying transaksi yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya, dugaan gratifikasi atau suap dari perusahaan-perusahaan swasta kepada Gubernur dan istri-istrinya. Sebelumnya memang pernah Gubernur diperiksa Kejaksaan Tinggi Gorontalo, namun hingga saat ini proses tersebut belum juga mendapatkan titik terang,” ujarnya.

” Kami sudah tidak percaya lagi dengan penanganan perkara itu di Kejaksaan Tinggi Gorontalo, sehingga kami akan mendatangi KPK sekaligus membuat laporan dan mendesak KPK agar tidak tutup mata atas kasus dugaan korupsi yang bernilai fantastis itu,” Tukasnya. (Fn12)

 540 total views

Leave A Reply