Pohuwato Dan Kekayaan Alam Bawah Lautnya

Faktanews.com Tajuk. Sekilas berbicara tentang sebuah Daerah yang berada di bagian Barat Provinsi Gorontalo, yah. Kabupaten Pohuwato namanya, sebuah Daerah Otonom yang terbentuk 17 Tahun yang lalu ini, ternyata kaya akan Sumber Daya Alamnya (SDA).

Setelah terkenal dengan kekayaan alamnya baik dari Pertanian, Perikanan, Emas hingga Tembaga. Ternyata Pohuwato menyimpan sejuta keindahan panorama alam bawah laut yang tak kalah dengan yang ada di Raja Ampat.

Sebagai seorang Diver dan penggemar aktivitas Snorkeling, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga berhasil menemukan sebuah pulau kecil yang masuk dalam Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) di wilayah perairan Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato.

Pulau yang dinamakan pulau karang oleh Masyarakat Bajo yang tinggal di Desa Torsiaje Laut itu, ternyata memperlihatkan kawanan Hiu Karang bahkan ada juga spesies yang bersifat aktif di malam hari atau nokturnal yaitu Hiu Tutul dengan ciri khas Caudal Fin atau sirip ekornya yang sangat panjang.

Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Gorontalo dan Pohuwato, bersama Bupati Syarif Mbuinga mulai memperkenalkan kekayaan alam bawah laut tersebut, hingga akhirnya sampai ke telinga Duta Hiu Indonesia yang juga seorang Vokalis grup band SLANK.

Bahkan Kaka Slank pun berencana bakal datang ke Pohuwato untuk menyelam sekaligus ingin melihat langsung keberadaan Hiu di Pulau Karang.

Mendengar Komentar Duta Hiu Indonesia, Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga mengaku bakal menyambut baik kedatangan Kaka untuk menyaksikan wisata yang saat ini tengah dipromosikan hingga ke penjuru Indonesia

“Tentu kami sangat berbahagia jika beliau (Kaka) selaku Duta Hiu Indonesia bakal ke Pohuwato. Dengan demikian maka, hal ini akan jadi momen kami untuk mengeksplore wisata bahari yang ada, khususnya bawah laut,” Tutur Syarif.

Namun demikian, kedatangan Duta Hiu Indonesia ke Pohuwato kata Syarif, masih akan dipastikan lagi.

“Soal kepastian waktunya, ini masih dalam tahap komunikasi, dan kalaupun jadi, untuk kedatangan hinga kegiatan explore potensi wisata bawah laut nanti, akan kita lakukan sesuai protokol kesehatan,” Terang Syarif seraya menambahkan

Bahwa dengan melihat potensi yang ada, dirinya yakin dengan keberagaman surga bawah laut Pulau Karang dapat mengundang para wisatawan untuk bercengkrama dengan Kawanan Hiu.

” Saya yakin, Insya Allah suatu saat nanti keindahan yang dimiliki Pulau Karang dapat menjadi magnet Pariwisata di Kabupaten Pohuwato. Provinsi Gorontalo,” Tutup Syarif.

Penulis : Jhojo Rumampuk

 229 total views

Leave A Reply