Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Akhirnya Hari Jadi Kabupaten Pohuwato Berubah

Faktanews.com – Kabupaten Pohuwato, hari jadi Kabupaten Pohuwato berubah, hal ini yang menjadi pembahasan antara Pemerintah Daerah bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pohuwato, Senin (11/1/2021).

Sebelumnya hari jadi Kabupaten Pohuwato, selalu dirayakan pada tanggal 6 Mei, namun melalui pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), nantinya akan berubah menjadi 25 Februari apabila di sahkannya Peraturan Daerah (Perda).

Menurut Amin Haras, situasi saat itu memang penuh kegembiraan dengan terbentuknya Pohuwato, sehingga tidak terpikirkan yang penting sudah jadi dulu Kabupatennya.

“Pada awal penetapan hari jadi Kabupaten ini, hanya dilihat dari sisi defacto saja dan tidak melihat dari sisi dejure ,” ujar Amin Haras.

Atas pembahasan perubahan hari jadi Kabupaten Pohuwato ini, dirinya sangat berterimakasih karena itu sesuai dengan sejarah dan memang pada tanggal itu, Pohuwato disepakati menjadi daerah otonom yang kemudian dimekarkan.

“Dengan ditetapkannya Pohuwato pada pada 25 februari, dan adanya inisiatif untuk merubah hari jadi ini, maka selaku pemerintah daerah, saya sangat berterima kasih,” kata Amin Haras.

Senada dengan itu, Otan Mamu, Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Pohuwato, mengungkapkan pemindahan hari jadi ini sesuai dengan sejarah yang ada, maka dari itu harus di tindak lanjuti dengan Perda.

“Tidak cukup dengan kita mengganti hari jadi ini, namun kita sepakati dengan membuat Peraturan Daerah yang baru,” jelas Otan. (***)

 63 total views

Facebook Comments