Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Headline

Jadi Irup Kesiapan Penanganan Bencana, Ini Kata Tuasikal

×

Jadi Irup Kesiapan Penanganan Bencana, Ini Kata Tuasikal

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Gorontalo, Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua, di daulat menjadi Inspektur Upacara (Irup), pada  upacara gelar pasukan dalam rangka kesiapan penanganan bencana alam.

Gelar pasukan oleh Polres Malteng dilakukan secara serenta, melibatkan Instansi terkait, Rabu, (11/11/20), dipusatkan di halaman upacara Markas Komando Polres Malteng. 

Example 300x300

Selain Kapolres Malteng Rosita Umasugi, S.Ik, hadir Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda)  Malteng,  Danyonif 731/Kabaressi, Danyonif Brimob B Pelopor Amahai.

Dalam amanatnya Bupati Malteng Tuasikal Abua, menyampaikan bahwa,  apel konsolidasi kontijensi Aman Nusa Ina dalam rangka kesiapan penanganan bencana alam tahun 2020. Hal ini merupakan langkah awal yang tepat dan strategis dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan petugas maupun masyarakat dalam menghadapi potensi kerawanan bencana alam yang mungkin dapat terjadi di daerah ini.

“Menyikapi situasi nasional saat lni, banyak terjadi bencana alam yang menjadi perhatian publik akibat dampak perubahan cuaca yang menimbulkan berbagai permasalahan ditengah masyarakat, menuntut semua pihak untuk harus tanggap menghadapi potensi kerawanan bencana yang terjadi,” tegasnya.

Sejalan dengan itu kata Tuasikal, sebagaimana informasi oleh BMKG, bahwa di beberapa negara di belahan dunia termasuk Indonesia akan merasakan dampak dari fenomena La Lina yang berpotensi menyebabkan bencana Hidrometeorologi pada awal November sampai pada awal tahun 2021. Dimana ini berpotensi mendatangkan ancaman bencana alam seperti Banjir, Banjir Bandang, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung, Gelombang tinggi, Cuaca Ekstrim dan lain sebagainya.


“Dengan hal ini maka Pemerintah Daerah, Jajaran TNI/POLRI dan seluruh pihak terkait dituntut untuk
selalu tanggap dan bersinergi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan merumuskan langkah-langkah pro aktif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana dan dampak yang ditimbulkan dari peristiwa bencana,” ucapnya.

Olehnya itu,  Apel Konsolidasi ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kita baik personil maupun peralatan yang akan digunakan apabila terjadi bencana alam,.Sehingga diharapkan apel konsolidasi ini dapat dilanjutkan dengan aksi-aksi nyata dalam bentuk kegiatan mitigasi dan kesiapsiagaan.

“Kepada seluruh masyarakat Malteng saya perlu mengingatkan agar semua lebih waspada terhadap cuaca ekstrim saat ini serta memperhatikan lokasi disekitar Iingkungan tempat tinggal yang bisa diperkirakan terjadinya bencana alam baik itu banjir, pohon tumbang dan sebagainya. Dan kepada seluruh anggota yang bertugas agar selalu bersemangat, menjaga kesehatan dan stamina serta yang terpenting agar menjaga keselamatan diri dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan COVID-19 dan memanjatkan doa memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman,” pesannya. (Fn/Uc)

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot