Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Momentum Sumpah Pemuda, Hidayat-Bartho Beberkan Programnya Gartiskan Pendidikan

Faktanews.com (Politik) – Sulawesi Tengah, Momentum peringatan hari Sumpah Pemuda, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Hidayat Lamakarate dan Bartholomeus Tandigala menggelar dialog interaktif, Kamis (29/10/2020).

Hidayat yang merupakan mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) itu, mengungkapkan bahwa dalam 12 program andalannya, Hidayat-Bartho akan menggratiskan biaya sekolah.

” Saat ini, dari sekitar 60.104 pelajar SMA sekitar 12,92 persen berasal dari keluarga miskin. Jumlahnya sekitar 7.765 orang. Adapun pelajar SMK sebanyak 36.641 orang dan tidak kurang dari 4.734 orang atau setara 12,92 persen juga berasal dari keluarga miskin,” Ujar Hidayat.

Dia juga mengatakan bahwa hal ini yang membuatnya maju bersama Bartho untuk menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng.

Lebih lanjut kata Hidayat, program gratis sekolah adalah upaya untuk bertambahnya pengangguran karena kekurangan biaya untuk sekolah.

“Itu menjadi keprihatinan kita semua. Bisa saja anak-anak berbakat dan berprestasi namun tak mampu meneruskan pendidikannya karena ketiadaan biaya. Itulah yang akan kita atasi kedepannya. Kita siapkan pembiayaannya hingga mereka selesai, baik di SMA atau SMK,” tuturnya.

” Skemanya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Hidayat-Bartho akan mengalokasikan sebesar Rp 15 miliar untuk pelajar dari keluarga miskin tersebut. Mereka tak perlu lagi membayar biaya sekolah,” Tukasnya. (Fn/Nr)

 97 total views

Facebook Comments