Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Lagi, Proyek Pembangunan Oleh Dinas Perkimhubtan Boalemo Dikeluhkan Masyarakat

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Pembangunan Septic Tank di Desa Tutulo, Kecamatan Botumoito yang dibangun oleh Dinas Perkimhubtan Kabupaten Boalemo yang bersumber dari DAK 2020 terkesan tidak sesuai dalam RAB. Alhasil, saat ini pembangunan tersebut menjadi sorotan publik dan dikeluhkan oleh masyarakat setempat.

Ishak Suko, salah satu masyarakat penerima manfaat menjelaskan bahwa bangunan yang berukuran 1×2 tersebut memakan anggaran 5 juta rupiah tersebut terindikasi melenceng dari RAB.

Menurut Ishak, dalam septic tank tersebut terdapat beberapa item yang tercantum dalam RAB, namun tidak dibangun.

“Pada ruang pembuangan tinja, dalam RAB harusnya di plester namun dalam pembangunanya tidak ada. Bahkan, ruangan filter memegang peranan penting dalam proses penguraian kotoran, juga tak ada dalam septic tank tersebut,” jelasnya.

Kejanggalan tersebut berawal dari kecurigaan Ishak dengan gerak-gerik panitia pelaksana pekerjaan. Olehnya, dirinya memaksa untuk membongkar septic tank guna memastikan pekerjaan tersebut sesuai RAB atau tidak.

“Ternyata septic tank itu tidak sesuai gambar yang ada di RAB. Dan hal tersebut diakui oleh pengawas Perkim. Bahkan, ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang tidak mau membongkar keseluruhan Septic Tank yang ada di rumah, sehingga saya sendiri yang membongkarnya dan disaksikan KSM lainnya,” tegasnya.

Terakhir, dirinya mempertanyakan pengawasan dari Dinas Perkimhubtan Boalemo yang terkesan lalai terhadap pekerjaan-pekerjaan di Dinas Mereka.

“Pak Kadis dimana? Harusnya dia superaktif untuk mengawasi pekerjaan-pekerjaan yang ada pada dinasnya. Jangan sampai hal ini terjadi lagi pada pekerjaan lain yang melibatkan Dinas Perkimhubtan,” tandasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, kami masih berupaya untuk mengkonfirmasi kepada Kepala Dinas Perkimhubtan Boalemo, Supandra Nur. (FN/12)

 283 total views

Facebook Comments