Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Tak Dapat Sentuhan Pemerintah, Garda NasDem Dorong Pengembangan UMKM SALAM Hulondalo

Faktanews.com – Kabupaten Gorontalo, Pandemi COVID-19 terdampak terhadap ekonomi hampir di seluruh pelosok Indonesia. Kondisi ini yang mendorong Isnawati Lamata salah satu warga Desa Payu, Kecamatan Mootilango, yang mengolah pohon Sagu secara tradisional dan memiliki harga jual.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang di kelola oleh keluarga Isnawati tersebut sudah berjalan 6 bulan dan diberi nama SALAM HULONDALO (Sagu Alam Hulondalo).

” Usaha pengolahan sagu ini kita namai Sagu Alam Hulondahlo dan sudah berjalan 6 bulan tapi untuk proses produksinya itu masih manual dan tradisional,” Tutur Isnawati, saat ditemui tim media Fakta News, Selasa, (28/10/2020).

Walaupun masih dikelola secara tradisional, Isnawati sudah memenuhi permintaan konsumen Sagu hingga keluar daerah seperti Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Namun kata Isnawati, usahanya terkendala jika permintaan konsumen terlalu banyak, dia tidak mampu dikarenakan masih dikelola secara tradisional.

” Kalau ada permintaan dari pembeli di Gorontalo maupun dari luar daerah seperti Kota Bitung banyak, kadang kita mengalami kendala karena tidak mempunyai alat yang bisa memproduksi begitu banyak, yang kita mampu penuhi perhari hanya 200 sak, sedangkan permintaan melebihi jumlah itu,” Jelasnya.

Dia juga mengatakan, hingga saat ini usahanya belum dapat sentuhan dari pemerintah dan masih menggunakan dana sumbangan dari saudaranya.

” Sejauh ini untuk modalnya, kita masih mengunakan dana pribadi atau sumbangan dari keluarga dan saudara,” Tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Garda Pemuda NasDem Gorontalo, Budiyanto Biya mengungkapkan bahwa Garda Pemuda NasDem akan mendorong mengembangkan usaha UMKM SALAM Hulondalo yang diprakarsai oleh pemuda.

” Jadi program utama Garda Pemuda NasDem sesuai dengan arahan kaka Rama Datau sebagai Ketua Garda Pemuda NasDem, membangun kreatifitas pemuda tidak hanya sekedar wacana, dan adik Isnawati ini akan kami fasilitas untuk kepengurusan ijin usahanya. Sehingga kita bisa memublikasikan prodak ini hingga ke Nasional,” Jelasnya.

Budi juga menambahkan bahwa, komitmen Garda adalah konsisten dengan persoalan kepemudaan untuk membangun kreatifitas Pemuda sehingga dapat menjadi pemuda yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

” Kita ingin Garda konsisten dengan persoalan kepemudaan yang benar punya semangat membangun tidak hanya untuk dirinya namun untuk orang lain, ” Tukasnya. (Fn12)

 172 total views

Facebook Comments