Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

KPU Pohuwato Ikuti Rapat Virtual Bersama KPU RI

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Gelar virtual oleh KPU RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengikuti uji coba aplikasi rekapitulasi secara elektronik (siRekap) di Gedung B KPU Pohuwato. Sabtu, 24/10/2020.

Acara yang digelar secara virtual oleh KPU RI diikuti oleh 341 daerah peserta Pemilihan. Selanjutnya untuk digunakan pada tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilihan tahun 2020.

Simulasi secara virtual itu, diikuti oleh Komisioner KPU Kabupaten Pohuwato dan Kasubbag beserta staf Bagian Teknis dan Hupmas KPU Pohuwato dan perwakilan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Pohuwato.

Ketua KPU Rinto W. Ali menjelaskan sistem tersebut akan melanjutkan Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng KPU. Hal tersebut ditujukan untuk keterbukaan informasi sehingga publik bisa mengontrol hasil di setiap TPS.

“Hari ini merupakan hari kedua dilakukan simulasi, nanti setelahnya tentu akan dilakukan evaluasi apa kendala-kendalanya,” ucapnya .

Rinto pun menambahakan, penggunaan teknologi informasi seperti siRekap penting untuk menjadikan pemilu transparan serta efektif dan efisien.

“Selama ini, proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu masih dilakukan secara manual dan berjenjang. Mulai dari tempat pemungutan suara hingga akhirnya ditetapkan pada tingkat nasional” ujar Rinto

“Dengan adanya (siRekap) ini memungkinkan keamanan data dapat pertanggungjawaban terhadap publik terhadap hasil di setiap TPS nanti” ungkap Rinto

Di tempat yang sama, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Iskandar Alulu juga mengajak agar PPK yang hadir mengikuti uji coba secara virtual, harapannya, ini benar-benar dapat disimak jalannya uji coba aplikasi dan simulasinya sebagai bahan evaluasi demi kesuksesan penyelenggaraan pilkada Kabupaten Pohuwato Tahun 2020.

“Harapan saya materi dalam uji coba aplikasi ini dapat diterima dengan baik. Dan jika ada hal-hal yang belum terangkum pada simulasi nanti dapat didiskusikan lagi,” pungkasnya.

 33 total views

Facebook Comments