Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Tanggapi Putusan KPU Kabgor, Susanto Kadir : KPU Telah Melampaui Batas Kewenangannya

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Gorontalo, Terkait hasil putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), yang menolak hasil rekomendasi Bawaslu Kabgor atas dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh calon Petahana Nelson Pomalingo, akhirnya ditanggapi oleh Susanto Kadir, selaku Tim Kuasa Hukum pelapor Robin Bilondatu.

“Menurut kami KPU Kabupaten Gorontalo telah melampaui batas-batas kewenangannya. Kedua, lembaga baik KPU dan Bawaslu itu masing-masing punya tugas dan wewenang yang mestinya ditegakkan dan dilaksanakan,” Jelas Susanto dalam keterangan resminya, Minggu, (18/10/2020).

Dia menilai bahwa, Bawaslu Kabgor telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Olehnya kata Susanto, terkait dengan putusan KPU terhadap rekomendasi Bawaslu, pihaknya berencana akan mempelajari dan mengambil sikap atas isi putusan KPU tersebut, sesuai dengan hak konstitusional.

“Apakah kami juga akan melakukan langkah-langkah dan mengambil sikap atas putusan tersebut, nanti besok (Senin_Red) akan kami sampaikan ke publik. Yang pasti proses ini masih berjalan dan harus kita hormati,” tuturnya.

“Kami sebagai pelapor yang diberi ruang menggunakan hak-hak konstitusional sebagai warga negara, berhak meminta salinan putusan itu untuk kami pelajari dalam menentukan sikap,” Tuskas Susanto.

Selain itu, Susanto juga akan mempelajari kembali laporan tim pemenangan NDH, Meys J. Kiraman yang dialamatkan kepada kliennya.

“Kami juga sedang mempelajari legal standing, kapasitas dan kepentingan saudara Meys J. Kiraman. Kemungkinan klien kami juga akan melapor balik saudara Meys Kiraman atas dugaan pencemaran nama baik. Perlu diketahui, KPU menyatakan rekomendasi Bawaslu tidak memenuhi unsur atau tidak terbukti melakukan pelanggaran administrasi, jadi bukan menyatakan keterangan klien kami palsu,” Pungkasnya. (Tim Faktanews.com)

 683 total views

Facebook Comments