Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Kunjungan RA Di Desa Ombulo Tango, Warga Keluhkan Tambang Pasir Liar

Faktanews.com – Kabupaten Gorontalo, Masyarakat Desa Ombulo Tango, Kecamatan Tolangohula, keluhkan aktivitas tambang pasir di Desa Tamaila, yang menyebabkan tanaman padi para petani rusak.

Hal itu, disampaikan langsung oleh salah satu warga Desa Ombulo Tango, Husain Yusuf disela-sela kunjungan Rustam Akili (RA) sebagai calon Bupati kabupaten Gorontalo nomor urut 4.

Husain mengatakan, limbah tambang pasir yang mengalir ke sawah mengakibatkan kerusakan tanaman padi mencapai 400 hektare.

“Kami sekarang susah untuk menghasilkan satu ton dalam satu hektarnya, akibat sawah kami sering dialiri limbah pasir dari tambang-tambang liar itu,” Tuturnya.

Lebih lanjut kata Husain, para petani di desanya menginginkan tambang-tambang pasti ilegal itu ditutup karena telah merusak lahan pertanian yang masih aktif.

“Akibat tambang ini, membuat lahan warga mengalami kerusakan. Kami menginginkan tambang ini ditutup saja karena merusak lahan pertanian yang masih aktif. Petani kalau seperti ini terus bisa merugi karena rusaknya lahan kami,” Tegasnya.

” Jadi kami tegaskan sama pak RA, Ini yang utama harus dilaksanakan karena tingkat kesulitan warga untuk sawah kami,” Ujarnya.

Selain itu, persoalan yang lahan sawit yang hingga saat ini belum di tanami, dan lahan yang sudah dibebaskan belum memiliki surat-surat yang jelas.

” Karena lahan yang sudah di bebaskan sekarang ini tidak jelas surat suratnya, biasanya kalo sebuah perusahaan itu mempunyai KSO (kerja sama operasional) dan itu sudah jelas warga yang menanam hasilnya dijual ke perusahaan. Harapan kami kepada pak RA, agar bisa menindak tegas oknum-oknum yang sering membebaskan lahan, tapi tidak ada fungsi atau manfaatnya untuk warga sekitar,” Tukasnya. (Fn12)

 114 total views

Facebook Comments