Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Ritual Tolak Bala Di Pangahu, Pererat Hubungan Kekeluargaan Suku Jawa Dan Gorontalo

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Gorontalo, Masyarakat Gorontalo, yang berada di ujung Barat Kabupaten Gorontalo, Desa Pangahu, Kecamatan Asparaga, menggelar Ritual Tolak Bala, Kamis, (01/10/2020).

Uniknya, ritual Tolak Bala tersebut merupakan perpaduan antara dua suku berbeda yaitu suku Jawa dan suku Gorontalo.

Salah satu tokoh masyarakat Suku Jawa, Sukarman mengatakan bahwa tujuan dilakukannya ritual Tolak Bala adalah bentuk rasa syukur terhadap sang pencipta, dengan hasil panen pertanian yang melimpah.

Selain itu kata Sukarman, tujuan dari ritual Tolak Bala agar terhindar dari bencana yang belum, maupun yang sudah terjadi.

” Tujuan dari pada ritual ini untuk mendoakan agar terhindar dari bencana yang belum terjadi maupun mendoakan bencana yang sudah terjadi agar bencana ini bisa segera hilang,” Jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa acara ritual tersebut dilakukan setiap tahunnya, pada bulan Safar, malam Jumat Legi.

Ditempat yang sama, Risno Pongoalo selaku tokoh masyarakat Suku Gorontalo juga mengatakan bahwa tujuan dari ritual itu, untuk mempererat kekeluargaan antara Suku Gorontalo dan Jawa.

“Ritual ini salah satu cara kami masyarakat Desa Pangahu mendoakan untuk keselamatan agar terhindar dari bencana, dan bagi kami tak ada perbedaan antara suku Jawa dan suku Gorontalo, tujuan kami sama yaitu untuk memajukan Desa Pangahu dan mempererat kekeluargaan Suku Gorontalo dan Jawa,” Tutur Risno.

Ritual keagamaan yang dilakukan di Desa Pangahu ini juga, mendapatkan dukungan yang baik dari pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, maupun Pemerintah Kabupaten. (Fn/Vr)

 185 total views

Facebook Comments