Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Dapat Bantuan Bibit Jagung Kualitas Rendah Dari Pemerintah, Warga Olimoulo Alami Kerugian Hingga Ratusan Juta

Faktanews.com (Politik) – Kabupaten Gorontalo, warga Desa Olimoulo, Kecamatan Asparaga, keluhkan bantuan Bibit Jagung berkualitas rendah yang menyebabkan petani di Desa Olimoulo gagal panen dan mengalami kerugian.

Hal itu diungkapkan disela-sela kunjungan Rustam Akili (RA), calon Bupati kabupaten Gorontalo nomor urut 4 yang diusung oleh partai NasDem, PKS, dan PKB, Jumat, (2/10/2020).

” Bibit ini tidak pernah kami lihat dan kami tanam sebelumnya, tiba-tiba muncul varietas dengan kemasan yang begitu bagus namun akhirnya saat kami tanam muncul virus cendawan. Ada 4 Varietas yang mereka kasih, yakni Bima 20, HJ, JH, dan Bineka,” Keluh Amrin Ahmad salah satu warga Desa Olimoulo.

Dia mengatakan, yang didapatkan petani saat menerima bantuan pemerintah adalah kerugian. Bahkan kata Amrin, selama 3 kali berturut-turut, dirinya mengalami gagal panen dan alami kerugian hingga ratusan juta.

“Kalau teman-teman lain, 4 bibit 4 kali gagal panen dengan varietas yang saya sebut tadi. Kerugian setiap kelompok tani bisa mencapai ratusan juta rupiah. Bantuan tersebut katanya dari kementerian, Provinsi dan Kabupaten,” Tuturnya.

Dia berharap, pemerintah tidak memaksakan rakyat untuk menerima bibit yang tidak pernah diuji coba sebelumya, karena berimbas pada kerugian petani khususnya di Kecamatan Asparaga.

“Kenapa kami dipaksakan menerima? Ketakutan kami, saat tidak menerima ini bantuan malah menjadi kendala untuk program lainnya. Jika kami tidak menerima bantuan itu ibarat “mati tak mau, hidup tak enak”, ketika kami menerima, malah rugi,” Tukasnya. (Fn12)

 386 total views

Facebook Comments