Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Disidang DKPP, Wahyu Minta Seluruh Teradu Dipecat

Faktanews.com (Daerah) – Provinsi Gorontalo. Pelaksanaan sidang kode etik yang melibatkan Unsur Komisioner Bawaslu Kabupaten Pohuwato dan Korsek serta Ketua  Bawaslu Provinsi Gorontalo berjalan dengan baik.

Pada sidang yang berfokus pada 3 tuntutan pengadu atas nama Wahyudin A. Gobel ini antara lain Diberhentikan Tanpa Sesuai Prosedur yang dimaksud dalam Perbawaslu Nomor 6, dituding berkata kasar dan Mengeluatkan Statement di Media tanpa ada bukti atau fakta yang failed.

Dalam penyampaiannya, Wahyu mengatakan bahwa Pada hari rabu 12 juli pengadu diundang teradu 1 dan memberhentikan Teradu dengan alasan melanggar Kode etik, dan teradu memberikan SK pemberhentian Staf PPN PNS dilingkungan Bawaslu, serta Pasal yang menurut pengadu yang tidak dijalankan oleh teradu.

Melihat persoalan ini tidak memiliki dasar hukum sesuai dengan mekanisme, Wahyudin Gobel memberikan 4 rekomendasi kepada DKPP sebagai bahan pertimbangan yakni

1. Memecat Seluruh Teradu dalam hal ini Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Ketua dan Anggota Bawaslu serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pohuwato.
2. Mengembalikan Nama Baiknya Karena Dipituskan Bersalah oleh Bawaslu Provinsi Dan Kabupaten Pohuwato
3. Meminta DKPP Untuk Membatalkan SK yang dinilai tidak memenuhi syarat sebagai regulasi SK yang termaktub dalam Perbawaslu Nomor 6 Tahun 2017.
4 Dan apabila Majelis Sidang Kode Etik Mempunyai Pendapat Lain, Maka Dirinya Bermohon untuk Mendapatkan Putusan Yang Seadil-adilnya.

Ketua Majelis Sidang Kode Etik Penyelenggara Prof. Dr. Teguh Prasetyo, SH., M. Si kepada sejumlah awak media mengatakan bahwa sidang yang dilaksanakan untuk mencari keterangan alat bukti dan soal Keputusan akhir akan ditentukan dalam rapat pleno DKPP.

“Kita menggali, mendengarkan. Apabila ada keterangan yang bertentangan kita hanya menggali saja. Tidak pada kesimpulan, karena yang menentukan itu nanti pada pleno,” jelas Teguh

Penulis : Jhojo Rumampuk

 190 total views

Facebook Comments