Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Tajuk

Hari Tani Nasional 2020, RADG Dan Solusi Restorasi Ketahanan Pangan Di Kabupaten Gorontalo

×

Hari Tani Nasional 2020, RADG Dan Solusi Restorasi Ketahanan Pangan Di Kabupaten Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Faktanews.com(Opini), Hari Tani Nasional yang selalu diperingati pada tanggal 24 September ini, merupakan momentum yang juga menjadi peringatan bagi kita semua akan pentingnya peran para petani. Bagaimana tidak, pada sektor ini petani dapat juga disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa karena perjuangan untuk memajukan pertanian dengan menyediakan pangan untuk kita semua.

Aspirasi pahlawan pangan ini, seringkali sulit untuk dipahami oleh para kaum elite hingga pihak pemangku dan peramu kebijakan baik ditingkat Nasional dan lokal. Dari pelosok, suara petani masih terus menuntut hak-hak kesejahteraan yang hingga kini belum terealisasi dengan baik.

Example 300x300

Hingga saat ini, kondisi petani secara umum belum memperlihatkan perubahan yang signifikan menuju ke arah yang gemilang. Banyaknya pokok-pokok persoalan yang salah satunya adalah belum meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi petani yang sejatinya tidak paham kebijakan prioritas atas nasib mereka atau isu strategis terkait kehidupan pertanian. Bahkan pemahaman atas permasalahan yang mereka hadapi juga masih terkesan monoton dan merupakan kausalitas terlalu lama untuk diselesaikan.

Berangkat dari hal tersebut, Rustam Akili dan Dicky Gobel yang juga sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo pada Pilkada serentak, tergerak untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan membawa visi misi yang salah satunya adalah terwujudnya kemandirian pangan, pasangan yang dikenal dengan sebutan Rustam Dicky ini memberikan solusi pada restorasi disektor pertanian sebagai geliat untuk mewujudkan harapan baru rakyat Kabupaten Gorontalo.

Dengan menciptakan kampung cerdas pangan, dengan daya dukung inovasi teknologi yang ramah lingkungan, Rustam Dicky mempunyai target untuk meningkatan regulasi dan perangkat kebijakan penunjang ketersediaan, distribusi, dan akses pangan. Berikutnya pada peningkatan produksi melalui sistem pertanian terintegrasi Rustam Dicky, akan mengembangkan wilayah-wilayah yang merupakan suatu proses pembangunan dengan tujuan untuk melakukan perubahan menuju perkembangan yang lebih baik terutama bagi masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya wilayah yang tersedia secara optimal. Pada point ini, pembangunan pertanian dilakukan secara optimal melalui berbagai usaha diantaranya; intensifikasi, diversifikasi, ekstensifikasi dan rehabilitasi secara terpadu dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani.

Selanjutnya, penyediaan infrastruktur sebagai penunjang produktifitas usaha tani masyarakat pun menjadi prioritas Rustam Dicky. Dimana strategi dalam pembangunan pada sektor pertanian menurut pasangan yang di usung oleh Partai NasDem, PKS dan didukung oleh PKB itu bukan hanya mendorong tersedianya pangan. Namun peran nyata dalam berkontribusi nyata melalui pembentukan kapital, penyediaan bahan pangan dan baku industri, pakan dan bioenergi, penyerapan tenaga kerja, sumber pendapatan dan devisa negara, serta pelestarian lingkungan.

Pembangunan pertanian melalui adopsi teknologi baru, menjadi target perubahan yang digerakkan oleh Pasangan Rustam Dicky. Dengan meningkatkan investasi infrastruktur pertanian dan pasar serta mengimplementasikan kebijakan, yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas lahan, penghasilan petani dan daya beli masyarakat. Hal ini juga akan didukung dengan menyediakan teknologi untuk produktifitas usaha tani masyarakat.

Seperti kita ketahui, Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel pada Tahun 2018 silam juga telah membangun pusat inovasi agrobisnis di Provinsi Gorontalo. Berbagai jenis komoditas yang ditanam dengan menggunakan teknologi pengairan dan manajemen agrobisnis modern. Pusat inovasi tersebut dibangun adalah Demonstration Plot yang bekerja sama dengan PT. Rajatani Agro Nusantara.

Demplot ini bertujuan memperlihatkan cara dan hasil penerapan teknologi pertanian yang telah terbukti menguntungkan bagi petani. Demplot yang dibangun pada April 2018 ini menjadi tempat percontohan bagi petani Gorontalo. Dimana demplot tersebut memberikan solusi yang dimulai dari pengolahan tanah, penyemaian benih, penanaman semaian, antisipasi penyakit, pembasmian serangga, penghitungan biaya tanam, sampai menangani panen.  Termasuk manajemen air menggunakan air tanah melalui sumur dan pengelolaan pertanian modern.

Hal ini tentu sebagai salah satu contoh penjabaran dari visi misi pasangan Rustam Dicky dalam meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Gorontalo. Dengan memanfaatkan posisi dan niat Rachmad Gobel dalam mewujudkan dan memajukan Provinsi Gorontalo khususnya disektor Pertanian, tentu menjadi solusi sebagai harapan baru petani di Kabupaten Gorontalo.

Selamat Hari Tani Nasional Tahun 2020, mari kita semua mencintai petani. (***)

Example 300x300 Example 300x300
Example 120x600
rtp slot