Fakta News
Ultimate magazine theme for WordPress.

Bupati Tuasikal Launcing Penyaluran Bansos Beras Kepada Masyarakat Malteng

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua, SH. Melaunching penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Beras untuk keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH), Se-Kecamatan di Malteng. Bantuan yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos)  Republik Indonesia, di launching di Baileo Ir. Soekarno, Masohi, Selasa, (22/9/20).
Hadil Forkopinda Malteng,  Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat penerima manfaat.

” Kegiatan ini sebagai bukti komitmen dan kepedulian Pemerintah untuk dapat terus berupaya memenuhi kebutuhan serta meringankan beban masyarakat sebagai akibat dampak Pandemi COVID-19.” Tegas Tuasikal Abua, SH, dalan sambutannya.

Sebagaimana amanat Peraturan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI Nomor 322 Tahun 2020 tanggal 31 Agustus 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Sosial Beras Tahun 2020. Kata Tuasikal, maka untuk menjamin kelangsungan hidup dan pemenuhan sebagian kebutuhan pangan keluarga miskin pada masa pandemi COVID-19. Pemerintah menyalurkan Bantuan Sosial Beras sebagai program Jaring Pengaman Sosial bagi kelompok masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdampak pandemi COVID-19.

“Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras pada masa pandemi COVID-19 selama 3 (tiga) bulan,” ujarnya
Menurutnya, kebijakan ini tentunya didasari pada kenyataan dampak pandemi COVID-19 yang luar biasa terjadi pada berbagai segi kehidupan masyarakat termasuk masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah. Dampak ini dapat terlihat jelas berimbas pada beberapa sektor diantaranya yaitu Sektor Rumah Tangga yang mengalami penurunan dari sisi konsumsi karena masyarakat sudah tidak beraktifitas di luar rumah sehingga daya beli pun menurun terutama bagi keluarga miskin dan rentan, Pemutusan Hubungan Kerja atau dirumahkan, Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah mengalami tekanan dan berbagai dampak lainnya.

“Menghadapi situasi ini, pemerintah terus berupaya untuk melakukan terobosan-terobosan yang diharapkan dapat menjawab berbagai kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh seluruh masyarakat. Bantuan melalui penyaluran kepada masyarakat diantaranya PKH, Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Pangan Nontunai, BLT Desa, dan berbagai bantuan lainnya termasuk penyaluran Bantuan Sosial Beras yang akan disalurkan saat ini,” terangnya.

Tuasikal berharap kepada masyarakat penerima Bansos Beras agar tidak dilihat dari jumlah bantuan yang diterima tetapi yang lebih penting yaitu perlu disyukuri serta dapat dimanfaatkan dengan sebaik guna pemenuhan kebutuhan.

“Bahkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat di daerah ini untuk selalu bersemangat dan tetap produktif membangun ketahanan ekonomi dan kesejahteraan keluarga,” ucapnya. (FN/Uc)

 69 total views

Facebook Comments